Petani Lemon Aceh Keluhkan Murahnya Harga Jual

Sejumlah petani Aceh saat ini terus membudidayakan jeruk lemon untuk di pasarkan ke Sumatera Utara hingga ke Pulau Jawa.

Petani Lemon Aceh Keluhkan Murahnya Harga Jual
SERAMBINEWS.COM/MASRIZAL
Sejumlah pembeli memilih jeruk lemon lokal non biji (seedless) yang di pasarkan di Pasar Tani milik Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh di kompleks kantor tersebut, Jalan T Panglima Nyak Makam, Lampineung, Banda Aceh, Rabu (9/1/2019). Selain jeruk lemon, Pasar Tani yang beroperasi dua kali dalam sebulan (pada minggu kedua dan keempat) itu juga menjual berbagai hasil pertanian lainnya yang dikembangkan oleh petani Aceh dan ragam makanan olahan. 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Sejumlah petani Aceh saat ini terus membudidayakan jeruk lemon untuk di pasarkan ke Sumatera Utara hingga ke Pulau Jawa.

Sayangnya harga jual jeruk lemon ditingkat petani tidak mengembirakan.

Para agen menampung dengan harga termurah yaitu Rp 2.500 perkilo gram.

Salah satu petani lemon lokal tanpa biji (seedless), Bakhtiar mengaku bahwa harga jual di tingkat petani cenderung dipermainkan oleh para agen.

"Harga jual di agen, terendah 2500 rupiah. Itupun harga kirimnya kita yang tanggung," kata Bakhtiar saat istirahat setelah memasarkan lemonnya di Pasar Tani milik Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh di kompleks kantor tersebut, Lampineung, Banda Aceh, Rabu (9/1/2019).

Baca: Suka Minum Teh Ditambah Lemon? Hati-hati 10 Masalah Kesehatan Ini Akan Menanti!

Padahal ketika dijual sendiri ke masyarakat, katanya, harga lemon rata-rata bisa mencapai Rp 10.000-12.000 perkilo gram, tergantung ukurannya.

"Program Pasar Tani ini menurut kami sangat bagus. Kita menjualnya di atas harga agen. Ada 120 kilo yang kita bawa tapi bisa habis dalam 2 jam. Kami sangat senang," ungkap dia.

Tapi ketika ditampung oleh agen secara gelondongan untuk dikirim ke Medan, Sumut, harga hanya Rp 2.500.

Harga lemon sedikit membaik ketika di musim puncak panen, yaitu Rp 8.000. Tapi harga itu hanya berlaku ketika adanya permintaan dari Pulau Jawa.

Halaman
12
Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved