Kasus Sapi Desa Dilapor ke Inspektorat  

Pengadaan 32 sapi di Desa Alue Gajah, Kecamatan Darul Hikmah, Aceh Jaya diduga ada yang tak sesuai spek

Kasus Sapi Desa Dilapor ke Inspektorat   
SERAMBINEWS.COM/ASNAWI LUWI
Dinas Pertanian Aceh Tenggara, menunda penyaluran ternak sapi yang bersumber dari DOKA 2018. Terlihat ternak sapi dikarantina di Desa Mendabe, Kecamatan Babussalam, Agara, Senin (15/10/2018). 

* Keuchik: Cuma 2 tak Sesuai dan Sudah Diganti

CALANG - Pengadaan 32 sapi di Desa Alue Gajah, Kecamatan Darul Hikmah, Aceh Jaya diduga ada yang tak sesuai spek atau spesifikasi. Pasalnya, pengadaan yang menggunakan dana desa 2018 semestinya semua sapi harus tinggi 1 meter, namun ada yang tak seukuran itu. Bahkan perkara ini disebut-sebut sudah dilapor ke Inspektorat Aceh Jaya. Informasi ini awalnya diperoleh dari sumber Serambi, Selasa (8/1).

Dikonfirmasi Serambi pada hari yang sama, Inspektur Inspektorat Aceh Jaya, Bahtiar, mengaku jika pihaknya sudah menerima laporan dari masyarakat terkait adanya dugaan indikasi markup pada pengadaan sapi di Gampong Alue Gajah. “Iya, minggu lalu kita menerima adanya laporan dari masyarakat terkait dugaan markup pada pengadaan lembu,” jawabnya.

Oleh karena itu, ia mengaku pihaknya akan memeriksa langsung terkait laporan masyarakat tersebut. “Jika benar, maka akan kita proses sesuai hukum yang berlaku. Apalagi ini menyangkut dengan masyarakat,” tutupnya.

Dikonfirmasi Serambi secara terpisah pada hari itu, Keuchik Alue Gajah, Nijarlis, mengakui memang ada dua sapi dalam pengadaan menggunakan dana desa itu tingginya hanya 95 cm atau kurang 5 cm dari yang direncanakan 1 meter. “Tetapi itu sudah diganti oleh pihak yang menyalurkan sapinya. Jadi semuanya sudah sesuai dan juga sudah diterima oleh masyarakat,” jawabnya.

Menurutnya, hingga kini tidak ada persoalan tentang ini dalam masyarakat gampong tersebut, bahkan menurutnya di antara sapi yang didatangkan dari Kabupaten Bireuen dan Gampong Lhok Kruet, Aceh Jaya itu, sudah ada yang hamil. (c52)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved