Tafakur

Memohon Kesuksesan

Kesuksesan hidup dalam suatu tahun tertentu seringkali dimaknai beragam, tergantung orangnya

Memohon Kesuksesan

Oleh: Jarjani Usman

“Dan Rabbmu berfirman: `Berdoalah kepada-Ku niscaya akan aku kabulkan. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari beribadah kepada-Ku mereka akan masuk neraka jahanam dengan penuh kehinaan’” (QS. Ghafir: 60).

Kesuksesan hidup dalam suatu tahun tertentu seringkali dimaknai beragam, tergantung orangnya. Ada yang menilai hidup sukses berdasarkan berapa banyak harta yang mampu dikumpulkan dalam suatu tahun, terlepas status halal haramnya. Namun dalam sejumlah petunjuk, kesuksesan hidup sangat tergantung seberapa mampu menjaga diri dalam ketaatan.

Apalagi harta yang banyak tidak akan dibawa mati. Sebagaimana dikatakan dalam sebuah hadits: “Yang mengikuti mayit hingga ke kubur ada tiga, dua akan kembali dan satu tetap bersamanya di kubur. Yang mengikutinya adalah keluarga, harta dan amalnya. Yang kembali adalah keluarga dan hartanya. Sedangkan yang tetap bersamanya di kubur adalah amalnya” (HR. Bukhari & Muslim).

Karena itu, sewaktu masih hidup, sepatutnya setiap diri kita menyempatkan diri untuk senantiasa berdoa kepada Allah agar diberikan kemampuan untuk menjaga ketaatan kepada Allah. Allah berjanji akan mengabulkan doa hamba-hambaNya, apalagi doa untuk menetapi jalan kebaikan. Melalui peluang besar ini, kita meraih kesuksesan hidup di dunia ini.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved