Mulai Tahun Ini Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri Dilakukan oleh LTMPT

Mulai tahun ini seleksi masuk dilakukan serentak melalui satu pintu oleh lembaga baru yang dinamakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Mulai Tahun Ini Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri Dilakukan oleh LTMPT
SERAMBINEWS.COM/M ANSHAR
Rektor Unsyiah, Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng. 

Laporan Yarmen Dinamika | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Kebijakan tentang seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia terus diperbarui dan disempurnakan.

Mulai tahun ini seleksi masuk dilakukan serentak melalui satu pintu oleh lembaga baru yang dinamakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Lembaga ini diberi mandat oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) untuk menyelenggarakan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada 13 April-26 Mei 2019, maupun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang pendaftarannya dimulai 10-24 Juni 2019.

Baca: Tiga Calon Sekda Aceh Diajukan ke Presiden, Bukan Nama-nama yang Beredar di Medsos

Hanya penerimaan melalui jalur mandiri yang proses seleksinya diserahkan kepada masing-masing PTN seperti berlangsung selama ini.

Hal itu disampaikan Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Prof Dr Samsul Rizal MEng kepada Serambinews.com di Banda Aceh, Jumat (11/1/2019) pagi.

Kebijakan baru ini, kata Samsul, diatur dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 60 Tahun 2018.

Di dalam peraturan tersebut dinyatakan bahwa jalur SMPTN 2019 ada tiga, meliputi SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi mandiri.

Untuk jalur SNMPTN dan SBMPTN dilakukan oleh LTMPT, sedangkan jalur mandiri oleh masing-masing PTN.

Sebagai lembaga baru, LTMPT diluncurkan oleh Menristekdikti Prof Mohamad Nasir PhD pada 4 Januari 2019 di Universitas Diponegoro Semarang di tengah-tengah acara Rapat Kerja Nasional Kemenristekdikti.

Halaman
12
Penulis: Yarmen Dinamika
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved