Disdukcapil Abdya tak Bisa Cetak KTP

Puluhan masyarakat di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengeluhkan pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil

Disdukcapil Abdya  tak Bisa Cetak KTP
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO
Ilustrasi e-KTP (KOMPAS/WISNU WIDIANTORO) 

* Perekaman Tetap Bisa

BLANGPIDIE - Puluhan masyarakat di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengeluhkan pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat. Pasalnya, sejak beberapa hari terakhir, pihak dinas tersebut tidak bisa mencetak KTP elektronik, sehingga setelahmelakukan perekaman, mereka harus pulang tanpa membawa KTP.

Indra, seorang warga Jeumpa mengaku sejak dua hari ini harus bolak-balik ke Kantor Disdukcapil tersebut, namun hingga saat ini tidak mendapatkan KTP. “Kita diimbau membuat KTP elektronik, namun giliran kita pergi ke kantor membuat KTP, malah KTP tidak kita dapatkan,” keluh Indra kepada Serambi, Jumat (11/1).

Oleh karena itu, ia meminta pihak dinas terkait mengalihkan pembuatan KTP dilakukan pada kantor camat masing-masing. “Jika sering seperti ini, kita meminta agar perekaman dan pembuatan KTP bisa dilakukan di kantor camat saja, ini akan memudahkan masyarakat, sehingga masyarakat tidak lama dan jauh membuat KTP,” sarannya.

Dikonfirmasi terpisah kemarin, Sekretaris Disdukcapil Abdya, ZA Zufri SH MM, mengakui sejak dua hari terakhir, pihaknya tidak bisa melayani pembuatan KTP elektronik. “Iya benar, karena ada ganguan pada sistem, yaitu beberapa desa terjadi perubahan kode desa atau bergeser. Kalau sekedar perekaman bisa,” ujar Sekretaris Disdukcapil Abdya, ZA Zufri SH MM.

Menurutnya, pergeseran atau perubahan kode desa itu terjadi untuk Kecamatan Jeumpa, Lembah Sabil, dan Manggeng. Ia meminta masyarakat bersabar karena saat ini sedang diperbaiki. “Insya Allah, Senin sudah bisa cetak, karena datanya sedang diperbaiki,” pungkasnya. (c50)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved