Plt Gubernur Kirim Tiga Nama Calon Sekda ke Setneg

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah MT, dikabarkan pada Jumat (11/1) siang telah mengirim tiga nama calon

Plt Gubernur Kirim Tiga Nama Calon Sekda ke Setneg
Humas Mubes III HUDA
Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah, memberikan sambutan pembukaan Mubes III HUDA tahun 2018, di Banda Aceh, Sabtu (24/11/2018). 

* DPRA Berharap Dilantik Februari

BANDA ACEH - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah MT, dikabarkan pada Jumat (11/1) siang telah mengirim tiga nama calon Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh yang telah dipilih Tim Penilai Seleksi Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Madya pada Sekretariat Daerah Aceh, 10 Januari 2019 ke Kantor Kementerian Sekretariat Negara (Setneg).

Ketiga nama calon Sekda Aceh yang dikirim ke Setneg itu adalah Kamaruddin Andalah SSos, MSi (Asisten III Sekda Aceh), Dr M Jafar SH MHum (Asisten I Sekda Aceh), dan dr Taqwallah MKes (Asisten II Sekda Aceh).

Sekretaris Timsel Sekda Aceh, Makmur Ibrahim MHum yang dimintai Serambi konfirmasinya Jumat (11/1) pagi terkait pengiriman tiga nama calon Sekda Aceh tersebut ke Setneg mengatakan, Plt Gubernur Aceh pada hari Jumat kemarin berada di Jakarta menghadiri undangan ke Istana Negara. Jadi, timsel belum bertemu langsung dengan Plt Gubernu Aceh untuk membicarakan kelanjutan hasil seleksi tersebut.

Begitupun, kata Makmur, ia mendapat kabar bahwa Plt Gubernur Aceh sudah memerintahkan Sekda Aceh Dermawan MM untuk membuat surat pengantar pengiriman ketiga nama calon Sekda Aceh tersebut ke Kantor Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) di Jakarta.

Surat pengantar tiga nama calon Sekda itu, kata Makmur, setibanya di Kantor Perwakilan Aceh di Jakarta akan diteken Plt Gubernur Aceh, kemudian dikirimkan ke Kantor Kementerian Sekreatriat Negara untuk proses administrasi.

Kemudian, saat Plt Gubernur Aceh bisa bertemu Presiden Joko Widodo di Jakarta, maka akan dilaporkan hasil pelaksanan rerkrutmen calon Ssekda Aceh itu. Dengan demikian, semakin cepat Plt Gubernur Aceh bertemu Presiden maka semakin baik. Paling tidak, SK pengangkatan Sekda Aceh itu bisa diterbitkan bulan depan.

Kalaupun nanti ada pelaksana tugas (Plt) Sekdanya, waktunya tidak terlalu lama. Soalnya, Sekda yang sekarang, Dermawan MM, akan memasuki masa pensiun atau purnabakti tanggal 30 Januari 2019.

Wakil Ketua I DPRA, Sulaiman Abda MSi berharap Sekda Aceh pengganti Dermawan bisa dilantik pada awal Februari 2019. “Kalau dilantik awal bulan depan, berarti kekosongan jabatan Sekda Aceh tidak lama,” ujar Sulaiman Abda sembari menambahkan bahwa jabatan Sekda itu di jajaran Pemerintah Aceh sangat penting dan strategis.

“Di antaranya Sekda Aceh yang menjabat Ketua Tim Anggran Pemerintah Aceh (TAPA) perannya sangat penting untuk mengawasi kelancaran pelaksanaan lelang proyek APBA 2019 yang telah diumumkan di websitenya Pemerintah Aceh pekan lalu,” kata Sulaiman Abda.

Belum diisi
Selain soal Sekda Aceh, Sulaiman Abda selaku Wakil Ketua I DPRA juga mempertanyakan mengapa beberapa kursi jabatan eselon II dan dan II b belum juga diisi, sedangkan pejabatnya sudah tersedia. Antara lain, kursi jabatan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh. “Menurut informasi yang kami dengar, dua menteri, yaitu Menteri Pariwisata dan Mendagri, sudah menyetujui pejabatnya dan memberikan rekomendasi kepada pejabat bersangkutan untuk bisa dilantik menjadi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, tapi Plt Gubernur Nova Iriansyah belum juga melantiknya,” ujar Sulaiman Abda.

Jabatan berikutnya adalah Sekretaris DPRA. Dua nama sudah dikirimkan ke Mendagri tiga bulan lalu untuk dimintakan rekomendasi. Tapi sampai saat ini belum ada kepastian siapa yang dipilih antara Suhaimi atau Ali Alfata.

“Di jajaran Badan Usaha Milik Daerah, yaitu Perusahaan Daerah Pembangunan Aceh (PDPA) dan Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA), pejabatanya juga sampai bulan ini masih Plt, belum diganti dengan pejabat definitif. Dewan sangat berharap, Plt Gubernur Aceh bisa bekerja lebih cepat lagidi tahun 2019 ini untuk mengisi jabatan eselon II dan direktur serta jabatan kepala pada PDPA dan BPMA,” ujar Sulaiman Abda. (her)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved