Toke Seuem Lantik 11 Kepala SKPK

Wali Kota Langsa, Usman Abdullah SE, melantik dan mengambil sumpah 11 kepala SKPK di aula Setdako Langsa, Jumat (11/1)

Toke Seuem Lantik 11 Kepala SKPK
SERAMBINEWS.COM/NUR NIHAYATI
BUPATI Pidie, Roni Ahmad melantik delapan pejabat tinggi pratama eselon II di Operasi Room Setdakab Pidie, Senin (31/12/2018) sore. 

* Hasil Seleksi Lelang Terbuka

LANGSA - Wali Kota Langsa, Usman Abdullah SE, melantik dan mengambil sumpah 11 kepala SKPK di aula Setdako Langsa, Jumat (11/1). Pejabat eselon II itu terdiri dari 10 kepala dinas dan satu kepala badan, hasil seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Sebanyak 8 jabatan eselon III dan IV setingkat sekretaris, kabid dan kasi untuk berapa dinas dan badan juga dilantik oleh wali kota. Prosesi pelantikan dihadiri Forkopimda, para kepala SKPK dan undangan lainnya.

Tauke Seuem dalam amanatnya menjelaskan pelantikan pejabat eselon II ini, merupakan untuk pertama kalinya terhadap hasil lelang terbuka seleksi JPT. Dia menyatakan hal itu berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Kemudian, Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 Tahun 2014 tentang tata cara pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka di lingkungan instansi pemerintah.

Dikatakan, pelantikan ini juga telah mendapat rekomendasi (persetujuan) Komisi Aparatur Sipil Negara melalui surat Nomor : B-34/KASN/1/2019 tanggal 3 Januari 2019, perihal rekomendasi hasil seleksi terbuka JPT Pratama di Pemko Langsa.

Menurut Tauke Seuem, pelantikan pejabat ini bagian dari kebutuhan organisasi dalam rangka peningkatan kapasitas karier pegawai, serta memperlancar pelaksanaan tugas pemerintahan dan pelayanan publik. Dia menegaskan pelantikan ini harus dilihat dari sudut kepentingan organisasi, bukan sekedar penempatan di jenjang jabatan strategis.

“Harus ada terobosan baru, sehingga tercipta iklim kerja yang jauh lebih sehat dan energik,” ujarnya. Tauke Seuem mengingatkan pejabat yang baru dilantik agar memberikan pelayanan publik terbaik kepada masyarakat.

Dia juga memerintahkan para pejabat itu untuk segera menyusun program kerja dan meningkatkan kualitas kerja, serta memotivasi bawahan untuk bekerja penuh semangat. “Satu hal yang harus diingat, jabatan adalah amanah dan kelak akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT,” sebut Wali Kota.

Tauke Seum juga mengibaratkan bahwa jabatan wali kota atau wakil wali kota dan semua PNS seperti kuli majikan. “Siapa majikan kita, bukan saya wali kota, tetapi majikan kita adalah masyarakat yang harus dilayani dengan baik,” sebutnya.

Halaman
12
Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved