Salam

Baitul Yatama, Ide Brilian di Era Gemilang

Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh akan mendirikan sebuah lembaga khusus untuk memberdayakan anak yatim

Baitul Yatama, Ide Brilian di Era Gemilang
Istimewa
Relawan Persatuan Pemuda Gemilang (PPG) Pendukung Aminullah Usman-Zainal Arifin berfoto bersama seusai melalukan sujud syukur di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh 

Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh akan mendirikan sebuah lembaga khusus untuk memberdayakan anak yatim dan diberi nama Baitul Yatama. Lewat lembaga ini nantinya para anak yatim di kota ini akan diberikan pendidikan dan pelatihan, sehingga mereka diharapkan mampu mengembangkan dirinya hingga mandiri.

Rencana itu disampaikan Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman MM pada tausiah dan zikir rutin yang berlangsung di Pendopo Wali Kota Banda Aceh, Sabtu (12/1). “Insyaallah, Baitul Yatama ini akan kita realisasikan dalam tahun ini,” ujarnya.

Menurut Aminullah, dalam tahun 2019 ini, Pemko Banda Aceh akan terus berupaya keras agar sektor ekonomi dan pendidikan semakin maju. Satu di antaranya adalah dengan mendirikan Baitul Yatama, tempat yang representatif untuk menampung anak-anak yatim dan yatim piatu.

Aminullah merancang bahwa di Baitul Yatama itulah para anak yatim piatu diberikan pendidikan yang layak, baik pendidikan agama maupun umum. Pelatihan-pelatihan juga akan diberikan agar mereka bisa mandiri kelak.

Ia juga mengajak jamaah zikir yang menyesaki pendopo untuk menyayangi dan peduli terhadap anak yatim dan fakir miskin dengan menyisihkan harta bagi mereka yang membutuhkan perhatian dari semua pihak.

Apa yang diutarakan Wali Kota Banda Aceh itu layak kita apresiasi dan patut pula kita beri nilai sebagai ide brilian. Berhubung pasangan Aminullah Usman-Zainal Arifin selama ini terkenal dengan slogan “Gemilang”, maka gagasan ini pantas kita maknai sebagai ide brilian di era gemilang.

Setelah digagas, tinggal kita tunggu realisasinya. Semoga Baitul Yatama secepatnya terwujud dan persoalan-persoalan kemiskinan, pengangguran, dan minimnya bekal kecakapan hidup (life skills) di kalangan anak yatim dan yatim piatu di kota ini bisa segera teratasi.

Kalau sebelumnya di Aceh ada tokoh yang sangat peduli terhadap anak yatim, sampai-sampai membuat Yayasan Abulyatama dan membangun Universitas Abulyatama, yakni Bapak Rusli Bintang, ke depan publik akan mengenang Aminullah Usman sebagai wali kota yang sangat peduli pada nasib anak yatim.

Harapan kita Baitul Yatama nantinya dikelola secara transparan dan akuntabel, serta yang terpenting mendapat dukungan dari DPRK Banda Aceh sehingga sumber dana untuk menggerakkan Baitul Yatama ini nantinya lebih terjamin.

Terakhir, semoga gagasan luhur ini bisa cepat terealisasi, sehingga berpengaruh signifikan pada penguatan syariat Islam dan peningkatan kesejahteraan warga dengan fokus pada penurunan kemiskinan dan angka pengangguran.

Lebih dari itu, dengan mengasihi dan menyantuni anak yatim, Pemko Banda Aceh akan dicatat dan dikenang sebagai umara yang konsisten menjalankan perintah Allah dalam Surah Al-Ma’un, yakni umara yang tidak mendustakan agama dan hari pembalasan, karena bersikap baik terhadap anak yatim.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved