Anak Muda Simeulue Gandrungi Gelang Akar Bahar

Anak muda atau kaum millenial di Kabupaten Simeulue mulai menggandrungi aksesori yang terbuat

Anak Muda Simeulue Gandrungi Gelang Akar Bahar
SERAMBI/SARI MULIYASNO
GELANG yang terbuat dari akar bahar mulai digemari anak muda di wilayah kepulauan Simeulue. Foto direkam di galeri Suka Karya, Simeulue Timur, Senin (14/1).

SINABANG - Anak muda atau kaum millenial di Kabupaten Simeulue mulai menggandrungi aksesori yang terbuat dari bahan alam dan perlahan mulai meninggalkan aksesori dari pabrikan. Saat ini, gelang maupun cincin terbuat dari akar bahar banyak diminati anak muda, bahkan manjadi ciri khas oleh-oleh dari wilayah kepulauan ini.

Karena banyak diminati dan dicari setiap warga yang berkunjung ke Simeuleu, sebuah galeri sebagai tempat penjuapan aksesori dari bahan alam itu didirikan oleh masyarakat Desa Suka Karya, malalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat.

Di galeri itu juga banyak ditemukan karya-karya para perajin yang kreatif, seperti gelang dan cincin akar bahar, asbak, miniatur lobster, hiasan dinding maupun berbagai pernak pernik lainnya. “Semua bahannya dari alam kita sendiri. Dibuat oleh pengrajin kita dan ditampung di galeri ini,” kata Suhendra, pengelola galeri kepada Serambi Senin (14/1).

Dijelaskan, untuk harga aksesori yang ditawarkan pun relatif terjangkau oleh masyarakat tergantung jenis aksesoris yang diminati. “Harganya mulai dari yang puluhan ribu, ratusan ribu hingga 1,5 juta,” katanya.

Aksesori paling laris, lanjutnya, seperti gelang akar bahar dan juga cincin seharga Rp 150 ribu hingga Rp 400 ribu. “Yang mahal itu tongkat komando, karena proses membuatnya lama. Kalau akar bahar seorang pengrajin bisa tiga gelang siap sehari,” jelasnya.

Dikatakan, dengan adanya galeri yang menampung hasil kerajinan tangan itu sangat memudahkan untuk mendapatkan aksesoris sesuai yang diinginkan. “Kalau ada permintaan kirim, kita juga kirim sesuai permintaan,” ujarnya.

Untuk ke depan, pihaknya berharap pada pihak terkait agar dimudahkan akses untuk dapat membuat galeri di kawasan bandara maupun pelabuhan penyeberangan. Tujuannya, agar produk kerajinan asli daerah itu semakin dikenal oleh masyarakat luar.(sm)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved