Droe Keu Droe

Sediakan TPS Sampah di Seputaran Kota Sigli!

SOAL pengelolan sampah merupakan masalah klasik yang dihadapi masyarakat perkotaan. Sigli, sebagai ibu kota Kabupaten Pidie

Sediakan TPS Sampah di Seputaran Kota Sigli!
SERAMBI/FERIZAL HASAN
Warga membuang sampah sembarangan di jalan Pasar Induk Cureh, Kota Juang, Bireuen. Sampah itu menimbulkan bau busuk dan mengganggu kenyamanan warga sekitar serta pelintas. Foto direkam Jumat (28/9). SERAMBI/FERIZAL HASAN 

SOAL pengelolan sampah merupakan masalah klasik yang dihadapi masyarakat perkotaan. Sigli, sebagai ibu kota Kabupaten Pidie juga mengalami masalah serupa. Berbagai program telah digelontorkan Pemkab Pidie, namun persolaan sampah juga belum dapat terselesaikan dengan baik. Hal ini terbukti dengan munculnya tumpukan sampah ilegal di beberapa titik dalam kawasan kota Sigli.

Di waktu pagi hari, di sepanjang jalan Tgk Chik di Tiro, Sigli, misalnya, masih terdapat tumpukan sampah warga yang diletakkan begitu saja di atas trotoar. Warga berharap sampah tersebut diambil oleh petugas kebersihan. Bila petugas tidak mengambilnya, maka sampah tersebut akan berserakan dan menebar bau menyengat.

Selain itu, tempat pembuangan sementara (TPS) ilegal yang paling kentara terlihat dan tercium baunya adalah di pinggir jembatan Keuniree, di sisi jembatan Krueng Tukah dan di sisi utara stadion PSAP Kuta Asan Sigli. Tentu hal ini sangat menganggu pemandangan dan menyebarkan bau tak sedap.

Saya selaku warga berharap kepada pihak berwenang di Pemkab Pidie, kirannya dapat menyediakan TPS Sampah di setiap gampong dalam kota Sigli, agar masyarakat dapat membuang sampah dengan tertib dan tidak menganggu lingkungan sekitar. Selain itu, juga tidak henti-hentinya mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan dan membudayakan hidup sehat!

Mustafa Ibrahim Delima
Warga Kota Sigli. Email: mustafa@bps.go.id

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved