VIDEO - Warga Aceh Ramai-ramai Bikin Paspor untuk Dokumen Perjalanan ke Jakarta

Sebagian dari mereka mengaku ingin mengurus paspor untuk menyiasati mahalnya harga tiket penerbangan rute perjalanan domestik (dalam negeri).

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH – Fenomena ramainya warga Aceh yang mengurus paspor untuk kelengkapan dokumen perjalanan ke Jakarta dan daerah lain di luar Aceh, ternyata tidak hanya terjadi di Banda Aceh saja.

Fenomena itu juga terlihat di kantor Imigrasi Meulaboh, Aceh Barat.

Pantauan Serambitv.com, Senin (14/1/2019) warga dari berbagai kalangan yang datang dari sejumlah kabupaten di barat selatan Aceh memadati Kantor Imigrasi Meulaboh.

Sebagian dari mereka mengaku ingin mengurus paspor untuk menyiasati mahalnya harga tiket penerbangan rute perjalanan domestik (dalam negeri).

Fenomena ramainya warga Aceh yang mengurus paspor untuk dokumen perjalanan ke Jakarta ini mulai terjadi sejak melangitnya harga tiket pesawat penerbangan domestik, dari Banda Aceh - Jakarta (langsung maupun transit di Kualanamu Sumatera Utara).

Baca: Imigrasi Akui Pengurusan Paspor Meningkat untuk Siasati Harga Tiket Penerbangan Domestik Mahal

Baca: Harga Tiket Pesawat Turun, Warga Aceh Tetap Pilih Terbang ke Jakarta via Kuala Lumpur, Ini Alasannya

Sebagian besar warga Aceh, terutama yang bepergian dengan uang pribadi, kini memilih terbang ke Jakarta via Kuala Lumpur Malaysia, dengan menumpang pesawat Air Asia. 

Dengan rute internasional ini, seorang warga Aceh yang ingin pergi ke Jakarta, bisa menghemat uang antara Rp 1 juta hingga Rp 2 juta sekali jalan.

Karena menempuh perjalanan rute internasional (naik pesawat melalui pintu keberangkatan internasional), maka mereka membutuhkan paspor sebagai dokumen perjalanan.

Sebagian lainnya mengatakan mengurus paspor di kantor Imigrasi untuk keperluan umrah dan perjalanan berobat ke luar negeri, terutama Malaysia.

Lihat videonya di atas.

Baca: Ingin Mengurus Paspor di Imigrasi Banda Aceh, Ini Syarat yang Harus Dilampirkan

NARATOR: ILHAM

EDITOR: RA KARAMULLAH

Penulis: Rizwan
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved