Belajar Pengolahan Jeruk, Pemkab Aceh Tengah Kirim Tiga Pemuda ke Jepang

Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, mengirim tiga orang pemuda ke Jepang untuk belajar tentang pengolahan buah jeruk.

Belajar Pengolahan Jeruk, Pemkab Aceh Tengah Kirim Tiga Pemuda ke Jepang
SERAMBINEWS.COM/MAHYADI
Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar memberikan cenderamata kepada Pemerintah Kota Ochi, Jepang Mr Johji Maeda dalam kunjungannya ke Kota Takengon, Rabu (16/1/2019). Pemkab Aceh Tengah bekerja sama dengan Pemerintah Kota Ochi dalam pengembangan jeruk. 

Laporan Mahyadi | Aceh Tengah

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON –  Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, mengirim tiga orang pemuda ke Jepang untuk belajar tentang pengolahan buah jeruk.

Ketiga pemuda yang telah melewati proses seleksi itu, akan mengikuti program pelatihan selama tiga tahun sejak Pebruari 2019 hingga Nopember 2021. 

Pengiriman ketiga pemuda ini, merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, dalam mengembangkan komoditi unggulan, selain kopi arabika yaitu jeruk keprok.

Ketiga pemuda yang akan dikirim ke Jepang diantaranya Fadli Auliansyah, Riska Kenara Bintang Putra dan Ibrahim.

Program pelatihan merupakan hasil kerjasama antara Pemkab Aceh Tengah dengan Pemerintah Kota Ochi - Jepang yang di fasilitasi oleh Japan International Coorperation Agency (JICA). Kerjasama ini, telah dituangkan dalam MoU yang ditanda-tangani oleh kedua belah pihak pada Maret 2017 lalu.

Baca: Pengumuman Penerimaan Calon Peserta Magang ke Jepang tahun 2018

Baca: Di Jepang, Awal Tahun Dapur tak Berasap

Baca: Miliarder Jepang Bagikan Rp12 Miliar, Untuk 100 Orang Pengikutnya di Twitter

Menindak lanjuti kerjasama tersebut, Pemerintah Kota Ochi Jepang, Mr Johji Maeda, didampingi sejumlah perwakilan dari Okabayashi  Farm Co Ltd kembali menyambangi Kota Takengon, Rabu (16/1/2019).

Rombongan pemerintah Jepang ini, diterima langsung oleh Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar.

Disebutkan Shabela, pihaknya memberi dukungan penuh terhadap program pelatihan ketiga pemuda yang akan dikirim ke Jepang.

“Manfaatkan kesempatan ini dengan baik dan harus yakin ilmu dan keterampilan yang didapat selama di Jepang akan memberi manfaat bagi masyarakat dan kemajuan daerah dimasa depan,” kata Shabela Abubakar.   

Halaman
12
Penulis: Mahyadi
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved