Kapolres Kumpulkan Caleg dan Pimpinan Parpol

Kapolres Aceh Timur, AKBP Wahyu Kuncoro, Senin (14/1) mengumpulkan seluruh caleg dan pimpinan partai politik

Kapolres Kumpulkan Caleg dan Pimpinan Parpol
IST
Dalam rangka menciptakan pemilu 2019 yang damai aman, damai, dan sejuk, Kapolres Aceh Timur, dan jajarannya, menggelar Ngobrol Kamtibmas (Ngobras) dengan 55 calon legislatif (Caleg) DPRK dari daerah pemilihan l, dan pimpinan parpol peserta pemilu 2019 di Idi Rayeuk, Aceh Timur 

IDI - Kapolres Aceh Timur, AKBP Wahyu Kuncoro, Senin (14/1) mengumpulkan seluruh caleg dan pimpinan partai politik (parpol) yang berada di wilayah itu. Kegiatan itu dalam rangka menciptakan pemilu 2019 yang damai, aman dan sejuk yang dikemas dalam bentuk ‘Ngobrol Kamtibmas (Ngobras).

Sebanyak 55 calon legislatif (caleg) DPRK Aceh Timur dari daerah pemilihan l, dan pimpinan parpol peserta pemilu 2019 dikumpulkan di Idi Rayeuk, Aceh Timur, Senin (14/1). Dalam paparannya, Wahyu Kuncoro menyebutkan pertemuan itu untuk menjalin silaturrahmi antara Polri dengan para caleg, demi terwujudnya Pileg dan Pilpres 2019 yang aman, damai, dan sejuk.

“Kami sebagai aparat keamanan harus memastikan kondisi keamanan di setiap daerah yang melaksanakan Pileg dan Pilpres dalam keadaan aman, sehingga seluruh tahapan dapat berjalan baik,” harap Kapolres. Dia juga mengingatkan para caleg agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan dengan menjalankan tahapan dengan sehat,s erta menghindari isu SARA dan berita hoaaks (palsu).

Para caleg juga diminta untuk menjalankan tahapan demokrasi secara sehat dan cerdas, karena saat ini sejumlah oknum tidak bertanggung jawab banyak melancarkan black campaign (kampanye hitam) dengan merusak baliho dan spanduk.

“Kami juga mengimbau kepada para caleg agar ikut membantu peran kepolisian untuk bekerjasama menjaga kamtibmas dalam wilayah hukum polres Aceh Timur,” harap Kapolres. Dalam kesempatan itu, AKBP Wahyu Kuncoro, juga siap memberikan perlindungan bagi para caleg apabila terjadi ancaman dan intimidasi dari pihak tertentu di lapangan.

Dalam pertemuan itu juga digelar tanya jawab antara Kapolres dengan paca caleg. Kapolres menjawab satu per satu pertanyaan dari caleg, seperti pertanyaan Caleg dari Partai Nasdem, Nyak Musa Husein hang mempertanyakan sikap caleg, jika di lapangan mengalami gangguan saat melakukan kampanye.

AKPB Wahyu Kuncoro menjawab bahwa polisi tetap akan mengamankan setiap kegiatan para caleg baik, baik secara terbuka, maupun tertutup, tetapi harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan Polres Aceh Timur. Dikatakan, berdasarkan hal itu, maka polisi akan dapat mengeluarkan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP).

Disebutkan, saat melaporkan, caleg harus memberikan jadwal pertemuannya selama sebulan ke Polres, sehingga bisa mengeluarkan STTP selama sebulan. “Agar proses pertemuan caleg berjalan lancar., maka pemberitahuan harus ada tiga hari sebelum kegiatan,” pinta Kapolres, menanggapi pertanyaaan Caleg DPRK dari Golkar, T Oktaranda.

Sebelumnya, Okta mempertanyakan teknis pelaksanaan kunjungan di desa sesuai PP No 60 Tahun 2017. Terkait pertanyaan caleg dari PPP, Gazali Usman, terkait jika ada pengrusakan baliho atau spanduk, Kapolres juga meminta para caleg agar melaporkan ke Gakkumdu yang terdiri dari Kepolisian, Kejaksaan, dan Panwaslih, untuk ditindaklanjuti.

Kapolres juga mengatakan, kegiatan kampanye dialogis dengan jumlah warga yang dikumpulkan lebih dari 20 orang wajib memberitahukannya ke Sat Intelkam Polres Aceh Timur, untuk diterbikan STTP. Hal ini, menanggapi pertanyaan dari Abdullah Abidin, Caleg dari PDA.

“Kegiatan kampanye di rumah diperbolehkan, dengan syarat tetap memberitahukan kepada Polres Aceh Timur,” kata Kapolres menjawab, pertanyaan dari Aslima caleg dari Partai SIRA.

Terkait pemasangan stiker mobil, sesuai pertanyaan Fuadi caleg dari Hanura, Kapolres mengatakan,pemasangan stiker diperbolehkan selama tidak ada aturan yang melarang. Pertemuan diakhiri dengan foto bersama, dan deklarasi menjalankan Pemilu 2019 secara damai dan tertib.(c49)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved