Legalisasi Buku Nikah Tak Perlu Lagi ke Kankemenag, Cukup di KUA Kecamatan

"Jadi tidak perlu datang ke Kankemenag atau ke Kanwil Kemenag Aceh. Cukup di KUA terdekat saja,"

Legalisasi Buku Nikah Tak Perlu Lagi ke Kankemenag, Cukup di KUA Kecamatan
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Petugas Kementerian Agama (Kemenag) menunjukan Kartu Nikah di kantor Kemenag, Jakarta, Rabu (14/11/2018). Kementerian Agama akan mengeluarkan kartu nikah untuk menggantikan buku nikah karena maraknya pemalsuan buku nikah, kartu ini akan segera diterbitkan pada akhir November mendatang. 

Laporan Mawaddatul Husna | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Aceh, H M Daud Pakeh mengatakan bagi masyarakat yang ingin melakukan legalisasi akta nikah atau buku nikah dapat dilakukan langsung di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan tempat dimana nikah itu dicatat.

Atau dapat juga dilakukan di KUA Kecamatan tempat domisili atau terdekat dengan membawa persyaratan buku nikah asli pencatatan perkawinan.

"Jadi tidak perlu datang ke Kankemenag atau ke Kanwil Kemenag Aceh. Cukup di KUA terdekat saja," katanya dalam siaran pers yang diterima Serambinews.com, Selasa (15/1/2019).

Baca: Kemnag akan Ganti Buku Nikah dengan Kartu untuk Antisipasi Pemalsuan

Dikatakan, apabila terdapat kerusakan pada buku nikah maka harus melampirkan surat keterangan sebagai suami isteri yang dikeluarkan oleh kepala desa, dan surat pernyataan bermaterai dari yang bersangkutan bahwa peristiwa perkawinan dicatat pada KUA kecamatan yang dimaksud.

Daud Pakeh mengatakan, hal tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 19 Tahun 2018 Tentang Pencatatan Perkawinan, penyempurnaan dari peraturan sebelumnya PMA Nomor 11 Tahun 2007.

Ia meminta ASN Kemenag khususnya jajaran KUA Kecamatan untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Terutama perangkat kampung terkait peraturan tersebut, dan kelengkapan administrasi serta persyaratan pencatatan perkawinan.

Baca: KIP Aceh Timur Rekrut 55 Tenaga Relawan Demokrasi, Ini Jadwal Pendaftaran

Kabid Urais Binsyar Kanwil Kemenag Aceh, H Hamdan mengajak masyarakat untuk mencatat pernikahan di KUA Kecamatan.

Apalagi saat ini pencatatan nikah di KUA Kecamatan tidak dipungut biaya alias gratis, sementara di luar KUA dikenakan PNBP sebesar Rp 600 ribu.

"Kita berharap juga pelayanan legalisasi buku nikah dapat dilakukan dengan pelayanan prima sesuai SOP yang telah ditetapkan," ujar Hamdan.(*)

Penulis: Mawaddatul Husna
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved