KIP Rekrut 1.265 Relawan Demokrasi

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh dan KIP 23 kabupaten/kota merekrut 1.265 relawan demokrasi

KIP Rekrut 1.265 Relawan Demokrasi
Akmal Abzal 

* Untuk Seluruh Kabupaten/Kota

BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh dan KIP 23 kabupaten/kota merekrut 1.265 relawan demokrasi atau disingkat dengan Relasi. Perekrutan relawan tersebut untuk membantu tugas-tugas penyelenggara dalam rangka menyosialisasi tahapan dan pelaksanaan Pemilu 2019.

Komisioner KIP Aceh, Akmal Abzal, mengatakan, masing-masing KIP akan merekrut sebanyak 55 relawan. Perekrutan relawan demokrasi tersebut saat ini sedang dilakukan oleh masing-masing KIP kabupaten/kota di Aceh.

KIP Aceh sendiri dia katakan, sebenarnya tidak melakukan perekrutan, tetapi karena ada beberapa KIP kabupaten/kota yang diambil alih, akhirnya KIP Aceh juga ikut merekrut relawan dimaksud. “Ada tiga KIP yang juga kita rekrut relawan demokrasinya nanti, Aceh Selatan, Aceh Barat, dan Simeulue, mungkin tambah satu lagi di Bener Meriah,” kata Akmal Abzal kepada Serambi, Rabu (16/1).

Akmal mengatakan, para calon relawan demokrasi ini harus menyerahkan berkas administrasi dan wajib mengikuti seleksi wawancara yang akan dilakukan di masing-masing KIP kabupaten/kota. “Syarat utama tentu yang sudah berumur 17 tahun. Para relawan ini direkrut dari berbagai segmen, karena kita perlu beberapa kalangan untuk menyosialisasi pemilu di lingkungan mereka,” katanya.

Ketua KIP Aceh Barat Daya (Abdya), Sanusi, secara terpisah mengatakan, sejak rekrutmen dibuka Senin (14/1) lalu, warga yang berminat menjadi relawan ternyata lumayan banyak. Di Abdya, dia sebutkan, jumlah relawan demokrasi yang dibutuhkan sebanyak 55 orang.

“Nantinya setelah diseleksi akan diluluskan sebanyak 55 orang dan mereka akan bertugas ke sejumlah lokasi yang merupakan basis serta menjalankan tugas selama tiga bulan,” ujar Sanusi.

Di Aceh Timur, jumlah relawan demokrasi yang dibutuhkan juga sebanyak 55 orang. Pendaftaran dibuka mulai 15-19 Januari 2019. “Persyaratan administrasi seperti formulir pendaftaran dan surat pernyataan dapat diperoleh di Kantor KIP Aceh Timur atau dapat diunduh di laman Facebook KIP Aceh Timur (facebook.com/kipatim),” kata Ketua KIP Aceh Timur, Zainal Abidin SE didampingi Ketua Devisi SDM, Eni Yuliana SPd, dan Sekretaris KIP M Yunus, Rabu (16/1).

Hasil seleksi administrasi akan diumumkan 20 Januari. Selanjutnya seleksi wawancara 21-22 Januari, dan pengumuman hasil seleksi wawancara pada 23 Januari mendatang.

Para calon relawan demokrasi ini diharapkan memiliki komunikasi yang baik dan sekurang-kurangnya pernah ikut dalam organisasi masyarakat. Nantinya, para relawan bertugas menyampaikan berbagai informasi tentang tahapan pemilu.

“Mungkin selama ini informasi tentang pemilu belum masif. Jadi, nanti dengan ada relawan ini, informasi tentang pemilu lebih masif diterima oleh masyarakat,” kata Akmal Abzal.

Salah satu tugas yang juga penting dilakukan oleh para relawan nantinya adalah menangkal segala informasi hoaks tentang penyelenggara dan tentang pemilu yang selama ini tersebar di kalangan masyarakat.

“Informasi hoaks ini kadang bisa saja menyerang penyelenggara, jadi dengan ada relawan ini bisa memberi informasi yang benar,” katanya lagi.

Akmal menambahkan, para rewalan demokrasi ini akan mulai bekerja pada minggu ketiga Januari. Disepakati bersama, proses rekrutmen harus sudah selesai sebelum tanggal 22 Januari. Para relawan akan bekerja selama tiga bulan dan menerima gaji yang telah ditetapkan sebanyak Rp 750.000 per bulan. “Jadi sebelum tanggal 23 bulan ini kita harap mereka sudah dibekali atau di-TOT,” demikian Akmal Abzal.(dan/c50/c49)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved