Tiga Nama Calon Sekda Sudah ke Presiden

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, sudah menyampaikan tiga nama calon sekretaris daerah

Tiga Nama Calon Sekda Sudah ke Presiden
DOK. SERAMBINEWS.COM
Tiga calon sekda Aceh, (dari kiri) Taqwallah, M Jafar, dan Kamaruddin Andalah. 

BANDA ACEH - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, sudah menyampaikan tiga nama calon sekretaris daerah (Sekda) Aceh hasil rekrutmen panitia seleksi kepada Presiden RI, Jokowi, Jumat (11/1) pekan lalu. Ketiga nama itu adalah Kamaruddin Andalah SSos MSi (Asisten III Setda Aceh), Dr M Jafar SH MHum (Asisten I Setda Aceh), dan dr Taqwallah MKes (Asisten II Setda Aceh).

“Ketiga nama calon Sekda Aceh sudah diserahkan secara tertulis oleh Pak Plt Gubernur kepada Presiden pada Jumat (11/1) lalu melalui Mensesneg,” kata Asisten I Setda Aceh, M Jafar kepada Serambi, Kamis (17/1).

Setelah ketiga nama itu diterima Presiden, lanjut Jafar, Plt Gubernur akan berkonsultasi dengan Presiden untuk memilih satu nama yang akan ditetapkan sebagai sekda baru. “Kemudian, Gubernur mengusulkan lagi satu nama tersebut untuk ditetapkan dengan Keputusan Presiden (Keppres). Setelah ada Keppres, Gubernur akan melantik nama tersebut sebagai Sekda Aceh yang baru,” jelas M Jafar.

Dikatakan, Sekda baru itu menggantikan Dr Dermawan MM yang akan memasuki masa pensiun pada 31 Januari 2019. Untuk diketahui, Dermawan menjabat sebagai Sekda Aceh sejak 9 Oktober 2013. Menurut Jafar, kini Plt Gubernur sedang menunggu panggilan Presiden untuk menyepakati satu nama. “Saat ini belum ada informasi kapan jadwal Presiden memanggil Plt Gubernur,” tambahnya.

Seperti diketahui, proses pemilihan calon Sekda Aceh mengacu pada Perpres Nomor 58 Tahun 2009. Perpres yang hanya berlaku di Aceh itu mengatur bahwa proses pemilihan sekda dapat dilakukan oleh Panitia Seleksi (Pansel). Dalam seleksi itu ada 10 nama yang melamar yaitu Ir Razali AR MSi, dr Taqwallah MKes, Mulyadi SPd MM, Ir Razuardi MT, Ir Helvizar Ibrahim MSi, Kamaruddin Andalah SSos MSi, Drs Safrizal ZA MSi, Ir Zulkifli MM, Drs Reza Fahlevi MSi, dan Dr M Jafar SH MHum.

Setelah mengikuti serangkaian seleksi, terpilih tiga nama dengan nilai tertinggi yaitu Kamaruddin Andalah, M Jafar, dan Taqwallah. Dari tiga nama itu nanti akan dipilih satu nama sebagai sekda Aceh.(mas)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved