Pegawai dan Warga Kedapatan Merokok di Kawasan KTR di Aceh Tengah, Rokok dan Asbak Disita

Penerapan Qanun Nomor 10 Tahun 2013 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Kabupaten Aceh Tengah, belum berjalan maksimal.

Pegawai dan Warga Kedapatan Merokok di Kawasan KTR di Aceh Tengah, Rokok dan Asbak Disita
Tribun Jabar/Ahmad Imam Baehaqi
Dadang Mulya (42), warga Desa Pancalang, Kecamatan Pancalang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, mengaku sebagai sosok pria yang menggendong bayi pada bungkus rokok dan protes karena tak ada izin. 

Laporan Mahyadi | Aceh Tengah

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON – Penerapan Qanun Nomor 10 Tahun 2013 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Kabupaten Aceh Tengah, belum berjalan maksimal.

Pasalnya, masih banyak dijumpai aktivitas merokok di kawasan KTR seperti di kantor pemerintahan, sekolah, rumah sakit, serta di beberapa kantor pelayanan kesehatan.  

Belum maksimalnya penerapan KTR di kota dingin itu, terungkap ketika personel Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah (Satpol PP dan WH) Aceh Tengah, menggelar operasi penegakan Qanun KTR.

Dalam operasi yang sudah digelar selama empat hari terakhir, masih dijumpai adanya sejumlah pegawai yang merokok di area kantor, dan masyarakat lainnya yang merokok di kawasan KTR.

Baca: Viral Video Siswa SMK Ramai-ramai Merokok Saat Gurunya Mengajar di Kelas, 4 Fakta Ini Terungkap

Baca: Walau Merokok Hingga 12 Kali Sehari, Veteran Perang Dunia II AS Ini Mampu Hidup Sampai 112 Tahun

Kasatpol PP dan WH, Kabupaten Aceh Tengah, Sahrial Apri mengatakan, dari hasil operasi penegakan Qanun KTR, masih dijumpai adanya aktifitas merokok di area yang sudah dilarang.

“Operasi ini untuk memastikan sejauh mana Perda yang sudah dikeluarkan dipatuhi oleh masyarakat, maupun para pegawai yang berada di KTR,” kata Sahrial Apri.

Baca: Istri Bunuh Suami Dibantu Anak Kandung dan Menantu di Aceh Tengah Dijerat Pasal Pembunuhan Berencana

Baca: VIDEO - Hati-Hati Melintas, Longsor di Lintas Nasional Bireuen-Takengon Belum Diperbaiki

Dia menyebutkan, aturan tentang kawasan tanpa rokok sudah ada sejak beberapa tahun lalu , tetapi masih saja ditemukan adanya aktivitas merokok di KTR.

Sedangkan untuk penindakan, masih dalam batas toleransi, berupa penyitaan rokok maupun asbak rokok bila ditemukan di area KTR.(*)

Penulis: Mahyadi
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved