Ini 5 Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia Masuk Daftar Universitas Terbaik di Negara Berkembang

China tetap menjadi negara paling banyak memasukan daftar dengan 72 universitas, bertabah dari 63 universitas tahun lalu

Ini 5 Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia Masuk Daftar Universitas Terbaik di Negara Berkembang
TRIBUNNEWS.COM
Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta 

SERAMBINEWS.COM - The Times Higher Education (THE) baru saja merilis pemeringkatan universitas di negara berkembang dalam "Emerging Economies Ranking Universities 2019" (15/1/2019).

Lima di antaranya berasal dari Indonesia.

Pemeringkatan THE menggunakan setidaknya lima indikator untuk menilai lembaga berdasarkan pengajaran, penelitian, kutipan jurnal ilmiah dan pandangan internasional serta pandangan dunia industri.

Baca: Hasil Tinju Dunia - Manny Pacquiao Menang Mutlak Melawan Adrien Broner

Secara keseluruhan terdapat 442 universitas dari 43 negara masuk dalam daftar THE tahun 2019 ini.

China tetap menjadi negara paling banyak memasukan daftar dengan 72 universitas, bertabah dari 63 universitas tahun lalu. 

India berada di posisi kedua dengan negara paling banyak dengan 49 universitas setelah tahun lalu memasukan 42 universitas mereka dalam daftar.

Baca: Sulit Dapat Kamar, Pasien IGD di RS Teungku Chik Ditiro Sigli Harus Antre

Di negara lain, negara-negara berkembang Eropa umumnya mengalami penurunan, sementara beberapa negara di Timur Tengah dan Afrika Utara serta kawasan Asia Tenggara justru mengalami kemajuan.

Bagaimana dengan Indonesia?

Secara keseluruhan, lima universitas Indonesia termasuk dalam peringkat dengan pemeringkatan THE ini yakni:

Universitas Indonesia ( UI), Institut Teknologi Bandung ( ITB), Institut Pertanian Bogor ( IPB), Universitas Gadjah Mada ( UGM) dan Institut Teknologi 10 November ( ITS).

Baca: Ibu-ibu, Ini Jadwal Pasar Tani Aceh 2019, Bisa Beli Banyak Kebutuhan dengan Harga Lebih Murah

UI menjadi satu-satunya universitas dari Indonesia yang masuk dalam 100 terbaik di posisi 82 setelah tahun lalu berada di posisi 184.

ITB juga mengalami kenaikan 27 peringkat berada di posisi 146 bersama dengan Universitas Pertanian Nanjing di Cina. Video Pilihan. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: 5 PTN Indonesia Masuk Daftar Universitas Terbaik di Negara Berkembang",

Editor: Hadi Al Sumaterani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved