Serambi KIDS

Masjid Pulo Kambing

Teman-teman tahukah kalian tentang sejarah Masjid Pulo KambingAceh Selatan? Kalau tidak, mari saya ceritakan

Masjid Pulo Kambing
FOTO/IST
Alvi Maghfirah adalah murid VI MIN 9, Aceh Selatan. Putri Bu Evi Yanti dan Pak Indra Sudirman ini, alamatnya di Desa Air Sialang Hilir, Samadua, Aceh Selatan.

Oleh: Alvi Maghfirah

Teman-teman tahukah kalian tentang sejarah Masjid Pulo KambingAceh Selatan? Kalau tidak, mari saya ceritakan.

Saat itu kami santriwan dan santriwati berserta ustadz/ustadzahnya diajak Ibu Jasnimar Jakfar berwisata religi. Ibu itu istri Bupati Aceh Selatan.

Kami perginya pada hari Rabu, 2/1/2019. Tempat pertama yang kami kunjungi adalah Masjid Pulo Kambing Aceh Selatan.

Masjid Pulo Kambing adalah masjid yang bersejarah bagi kaum muslim dan muslimat.

Seperti diberitahukan oleh Pak Umarsyah penjaga Masjid Pulo Kambing, bahwa masjid ini didirikan pada tahun 1909. Pendirinya ialah TH Ali Basyah bin Teuku Raja Mukmin.

Ada yang unik di masjid ini teman-teman. Yaitu salah satu tiang dari empat tiang yang ada di dalam masjid mengeluarkan air di dasar tiangnya.

Menurut Pak Umarsyah, dulu waktu Masjid Pulo Kambing didirikan secara gotong-royong oleh masyarakat, tiga tiang didirikan secara bersama-sama. Namun, satu tiang berdiri dengan sendirinya, dengan izin Allah swt, dan mengeluarkan air yang begitu jernih.

Oh iya, kata Pak Umarsyah masjid ini telah ditetapkan sebagai situs sejarah pada tahun 1983. Sebagai sebuah situs ada dua hal yang tidak boleh diubah dari Masjid Pulo Kambing ini. Pertama tidak boleh mengubah motif atau bentuk masjid. Kedua tidak boleh mengganti bahan bangunannya dengan bahan lain. Boleh diganti, tapi harus dengan bahan yang sama. Nah, begitulah sejarahnya yang bisa Firah ceritakan kepada teman-teman semua.

Catatan: Alvi Maghfirah adalah murid VI MIN 9, Aceh Selatan. Putri Bu
Evi Yanti dan Pak Indra Sudirman ini, alamatnya di Desa Air Sialang Hilir, Samadua, Aceh Selatan.

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved