Modal Usaha Ekonomi Produktif Disalurkan

Aparatur Desa Langung, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat mulai menyalurkan dana ekonomi produktif untuk masyarakat

Modal Usaha Ekonomi Produktif Disalurkan
FOR SERAMBINEWS.COM
Wali Kota Sabang, Nazaruddin menyampaikan sambutan saat penyaluran modal usaha ekonomi produktif kepada masyarakat kurang mampu di Aula Baitul Mal Kota Sabang, Kamis (20/12/2018). 

MEULABOH - Aparatur Desa Langung, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat mulai menyalurkan dana ekonomi produktif untuk masyarakat setempat sebesar Rp 150 juta. Bantuan modal usaha bersumber dari dana desa itu diterima oleh 18 penerima manfaat untuk pengembangan usaha tingkat menengah.

Penyaluran dana desa dilakukan Keuchik M Nur, Ketua BUMG M Saleh, dan tim verifikasi Safrizal, serta Camat Meureubo, M Amin, plus dihadiri Muspika setempat. Dana tersebut disalurkan berkisar Rp 5 juta hingga Rp 15 juta/orang.

Tim verifikasi Safrizal mengungkapkan, sebanyak 18 penerima manfaat yang memperoleh pinjaman modal tersebut telah diverifikasi oleh aparat desa dan pihak kecamatan untuk memastikan penyaluran dana pengembangan ekonomi itu tepat sasaran dan tidak disalahgunakan. “Proposal yang masuk dari masyarakat untuk pengajuan agar memperoleh dana mencapai 67 buah. Namun, setelah diverifikasi hanya 18 proposal yang lolos verifikasi dan layak menerima modal untuk pengembangan ekonomi tingkat menengah,” ujarnya.

Camat Meureubo, M Amin menambahkan, bantuan modal yang diperoleh para wirausaha tersebut dikelola oleh BUMG secara bergilir. Camat meminta, masyarakat yang telah menerima bantuan tersebut harus mengembalikannya secara bertahap agar dapat diberikan kepada yang lain.

“Untuk memastikan bantuan modal usaha digunakan oleh penerima tepat sasaran, maka akan dilakukan pemantauan dan evaluasi setiap bulan oleh pihak kecamatan dan desa, kemudian Bumdes akan membuat laporan secara kontinyu soal kemajuan usaha tersebut,” jelasnya.(riz)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved