IKAT Aceh Gelar Supervisi Tahsin Alquran di Pidie Jaya

Kegiatan ini merupakan follow up dari Training of Trainer (TOT) Tahsin Alquran di seluruh kecamatan Pidie Jaya pada akhir tahun 2017.

IKAT Aceh Gelar Supervisi Tahsin Alquran di Pidie Jaya
For Serambinews.com
Teungku dan guru ngaji di Pidie Jaya mengikuti Daurah Tahsin Alquran yang dilaksanakan oleh Ikatan Alumnu Timur Tengah (IKAT), Sabtu-Ahad (19-20/1/2019). 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Tim Tahsin Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh mengadakan supervisi Daurah Tahsin Alquran di Pidie Jaya.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, Sabtu-Ahad (19-20/1/2019), di tiga kecamatan, yaitu Meureudu, Bandar Baru dan Bandar Dua.

Sebelumnya pada Ahad 13 Januari supervisi ini diadakan di kecamatan Jangka Buya.

Ketua IKAT Aceh, Tgk HM Fadhil Rahmi Lc mengatakan, kegiatan ini merupakan follow up dari Training of Trainer (TOT) Tahsin Alquran di seluruh kecamatan Pidie Jaya pada akhir tahun 2017.

“Pijay ada 8 kecamatan, 222 gampong. Setiap gampong waktu itu mengutus minimal dua peserta, baik tengku imum atau guru mengaji. Berarti ada sekitar 444 alumni TOT Tahsin Alquran di Pijay," ungkap Fadhil.

Baca: Mahasantri Mahad Ali Dayah MUDI Samalanga Bireuen Ikut Pelatihan Tahsin Alquran dan Qiraat

Baca: Bolehkah Mencampur Mazhab? Ini Penjelasan Ustad Adi Hidayat dan Ustadz Abdul Somad

Ia menambahkan, tujuan dari supervisi ini adalah untuk menjaring seluruh peserta yang aktif mengajar Alquran dan bacaan Alqurannya sudah bagus, untuk dijadikan peserta pelatihan lebih tinggi ke depan.

"Pelatihan lanjutan yang kita harapakan bisa lebih dalam dan lebih tinggi. Bisa berbentuk tahsin membaca Alquran intensif selama satu minggu, atau kajian kitab rujukan ilmu tajwid seperti Matan Jazariyah dan Matan Tuhfatul Athfal. Dengan ini kita harapkan peserta lebih bersemangat dalam belajar dan mengajar Alquran,” ujarnya.

Kegiatan supervisi ini merupakan inisiatif IKAT Aceh dan Tim Tahsin IKAT dalam membumikan Alquran di seluruh Aceh.

Adapun Tim Tahsin IKAT yang melakukan supervisi adalah Tgk Muhammad Yasin Jumadi Lc, Tgk Mahfuz Lc, Tgk Ahmad Syukran Lc  MA, dan Tgk Fadhlur Ridha Lc.

Baca: Ustadz Abdul Somad: Aceh Adalah Islam

Penulis: Zainal Arifin M Nur
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved