Pelamar Relawan Demokrasi di Seluruh Aceh Capai 4.400 Orang

Jumlah pelamar relawan demokrasi atau disingkat dengan RELASI untuk Pemilu 2019 mencapai 4.400 orang.

Pelamar Relawan Demokrasi di Seluruh Aceh Capai 4.400 Orang
kpud-madinakab.go.id
Pemilu 2019 

Laporan Subur Dani | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Jumlah pelamar relawan demokrasi atau disingkat dengan RELASI untuk Pemilu 2019 mencapai 4.400 orang di seluruh Komisi Independen Pemilihan (KIP) kabupaten/kota di Aceh.

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih KIP Aceh, Tgk Akmal Abzal, mengatakan, jika dilihat dari jumlah tersebut, dipastikan minat masyarakat yang berpartisipasi sebagai relawan demokrasi untuk membantu kerja-kerja penyelenggara dalam menyosialisasi Pemilu 2019 cukup tinggi.

"Sampai hari ini, data yang masuk ke KIP Aceh sebanyak 4.400 orang yang telah mendaftar, itu jumlah keseluruhan yang mendaftar di 23 KIP kabupaten/kota di Aceh. Jumlah ini menunjukkan tingginya partisipasi publik untuk terlibat sebagai duta demokrasi di Aceh," kata Akmal Abzal, Senin (21/1/2019).

Baca: KIP Umumkan 252 Calon Relawan Demokrasi Lulus Seleksi Administrasi, Warga Diminta Beri Tanggapan

Baca: VIDEO - KIP Aceh Barat Seleksi Relawan Demokrasi Pemilu 2019

Baca: KIP Rekrut 1.265 Relawan Demokrasi

Akmal mengatakan, dari 23 kabupaten/kota tersebut, Kabupaten Pidie tercatat paling banyak masyarakat mendaftar, mencapai 398 orang, disusul Abdya 380 orang, dan Aceh Barat sebanyak 263 orang. 

"Itu tiga besar pendaftar paling banyak di Aceh, kalau yang paling sedikit mendaftar sebagaimana data yang kita terima adalah Aceh Besar dengan total pendaftar hanya 82 orang," kata Akmal.

Akmal menambahkan, proses pendaftaran untuk realwan demokrasi ini sudah selesai di seluruh KIP di Aceh, saat ini mulai masuk tahapan seleksi wawancara. 

Namun, ada juga KIP yang telah mengukuhkan relawan yang dinyatakan lolos. "Seperti yang kami ketahui, pagi tadi (kemarin), KIP Banda Aceh telah mengukuhkan 55 relawan yang telah direkrut," kata Akmal.

Seperti diberitakan sebelumnya, masing-masing KIP di Aceh merekrut 55 relawan demokrasi. 

Para relawan tersebut nantinya akan membantu tugas-tugas penyelenggara dalam rangka menyosialisasi tahapan dan pelaksanaan Pemilu 2019

"Mereka ini sudah mulai bekerja pada minggu ke empat Januari. Mereka akan melakukan perannya sebagaimana bimbingan yang telah kita berikan," kata Akmal.

KIP Aceh sendiri, akan melakukan wawanacara di empat kabupaten yakni Aceh Selatan, Simeulue, Aceh Tenggara, dan Bener Meriah. 

Proses perekrutan di empat KIP ini harus dilakukan oleh KIP Aceh, karena saat ini sedang diambilalih oleh Komisioner KIP Aceh.

"Mulai besok kita wawancara mereka di masing-masing KIP tersebut," demikian Akmal Abzal. (*)

Penulis: Subur Dani
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved