Operasi Bibir Sumbing Digeser jadi 3 Februari

Operasi bibir sumbing gratis kerja sama Harian Serambi Indonesia dengan Smile Train tahap pertama yang rencana

Operasi Bibir Sumbing Digeser jadi 3 Februari
IST
Direktur Griya Mahonoi Fuadri dan Koordinator Smile Train Aceh Rahmad Maulizar foto bersama dengan anak-anak penderita bibir sumbing di Aceh Barat 

BANDA ACEH - Operasi bibir sumbing gratis kerja sama Harian Serambi Indonesia dengan Smile Train tahap pertama yang rencana awalnya dilaksanakan Minggu (27/1), diundur menjadi Minggu (3/2). Sedangkan operasi bibir sumbing tahap kedua tetap seperti jadwal semula yaitu, Minggu (10/2). Operasi dilaksanakan dalam rangka HUT ke-30 Harian Serambi Indonesia.

Koordinator Smile Train Aceh, Rahmad Maulizar, kepada Serambi, Selasa (22/1) mengatakan, jadwal operasi bibir sumbing diundur satu minggu. Pasalnya dokter spesialis yang memimpin operasi tersebut sedang berhalangan. Sehingga ia mengimbau kepada keluarga untuk datang ke Banda Aceh sesuai jadwal yang baru. Operasi tempat dilaksanakan di tempat semula yaitu Rumah Sakit Malahayati Banda Aceh.

Menurut Rahmad, diundurnya operasi bibir sumbing itu membuat peluang pasien yang ingin mendaftar semakin panjang. Pasien juga dapat memilih untuk ikut operasi tahap pertama atau kedua. “Pendaftaran operasi bibir sumbing tahap pertama kita buka hingga 1 Februari 2019. Di tanggal itu pasien harus sudah berada di Banda Aceh. Sedangkan operasi tahap dua ditutup pada 9 Februari dan operasi dilaksanakan 10 Februari,” ujar Rahmat.

Ia mengatakan, pasien harus sudah berada satu atau dua hari sebelum operasi, karena harus melakukan registrasi dan pemeriksaan kesehatan. Operasi itu tidak dipungut biaya apapun, pasien hanya membawa fotokopi kartu keluarga, KTP, dan materai 6 ribu.

Rahmad Maulizar menambahkan, operasi bibir sumbing gratis itu terbuka bagi seluruh penderita bibir sumbing di Aceh. Saat ini sudah ada 15 orang yang mendaftar untuk operasi tahap pertama. Pendaftaran akan terus dibuka tanpa ada batasan kouta.

Pendaftaran dapat dilakukan setiap hari kerja di Kantor Harian Serambi Indonesia, Meunasah Manyang PA, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar dan Biro-Biro Serambi Indonesia di seluruh Aceh. Pendaftaran dapat dilakukan sebelum pelaksanaan operasi gratis tersebut. “Kepada seluruh warga Aceh agar dapat segera mendaftarkan keluarga atau tetangga yang menderita bibir sumbing ke Serambi Indonesia. Operasi ini tidak dipungut biaya apapun,” ujar Rahmad Maulizar.

Dikatakan, bagi peserta bayi yang ingin dioperasi disyaratkan harus berusia minimal tiga bulan dan berat badan minimal lima kilogram. Sedangkan bagi peserta yang ingin oeprasi celah langit, minimal berusia sembilan bulan dan berat badan minimal 10 kg. Rahmad mengingatkan, keluarga pasien juga tidak perlu khawatir dan repot, karena operasi tersebut juga akan bebas rujukan dari rumah sakit. Operasi sendiri akan dipimpin dr M Jailani SpBP RE-(K), serta dr Mirna Sari SpBP RE.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved