KIP Pidie Kukuhkan Relawan Demokrasi, 22 Orang Diantaranya Perempuan

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie melakukan pengukuhan terhadap 55 relawan demokrasi (relasi) di kantor bupati setempat, Jumat (25/1/2019).

KIP Pidie Kukuhkan Relawan Demokrasi, 22 Orang Diantaranya Perempuan
DOK KIP PIDIE
Relawan demokrasi dikukuhkan KIP Pidie di oproom kantor bupati setempat, Jumat (25/1/2019). 

Laporan Muhammad Nazar | Pidie

SERAMBINEWS.COM, SIGLI - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie melakukan pengukuhan terhadap 55 relawan demokrasi (relasi) di kantor bupati setempat, Jumat (25/1/2019).

Pengukuhan relasi itu dipimpin Ketua KIP Pidie, Muhammad Ali. Jumlah relawan demokrasi yang dilantik itu, tercatat 33 laki-laki dan 22 wanita.

Relawan demokrasi juga mengikuti pelatihan selama satu hari.

"Dibentuknya relawan demokrasi untuk meningkatkan kualitas pada saat pelaksanaan pemilu nanti. Juga meningkatkan partisipasi pemilih dan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi di Pidie," kata Ketua KIP Pidie, Muhammad Ali, kepada Serambinews.com, Jumat (25/1/2019).

Baca: Singgah di SPBU Panton Labu, SBY dan Ani Yudhoyono Dikerumuni Warga

Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KIP Pidie, Sri Wahyuzha, kepada Serambinews.com, Jumat (25/1/2019) menyebutkan, relawan demokrasi yang disuguhkan training of trainer, agar relawan demokrasi mampu memahami pelaksaan pemilu yang merupakan pesta demokrasi untuk memilih caleg dan capres serta cawapres.

"Relawan demokrasi juga harus mengetahui kode etik mereka dalam bertugas," jelasnya.

Baca: KIP Tetapkan Data Pemilih Disabilitas di Gayo Lues, Berikut Rinciannya

Sri Wahyuzha, menambahkan, dengan digelarnya training of trainer, relawan demokrasi sedianya mampu berperan aktif meningkatkan partisipasi pemilih dengan sasaran kelompok keluarga, pemilih pemula, pemilih perempuan, distabilitas, berkebutuhan khusus, kelompok marginal, komunitas dan warganet.

"Bimbingan tahap pertama ini dilaksanakan satu hari, dan nantinya akan dilakukan rapat koordinasi (rakor) untuk memaksimalkan kerja relawan demokrasi dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih," pungkasnya.(*)

Baca: Jurnalis Aceh Kecam Jokowi Terkait Pemberian Remisi kepada Pembunuh Jurnalis Radar Bali

Baca: GridHealth.id, Media Kesehatan Kredibel yang Bisa Jadi Rujukan

Baca: Saat Debat Pilpres Prabowo Singgung soal Impor Beras, Apa Kata Buwas?

Penulis: Muhammad Nazar
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved