Perkantoran Pemkab Aceh Singkil belum Bersertifikat

Perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Singkil mayoritas belum bersertifikat. Terkait hal itu, pada tahun 2019

Perkantoran Pemkab Aceh Singkil belum Bersertifikat
IST
Piagam Penghargaan kepada Pemkab Aceh Singkil dari Kemenpan dan RB. 

SINGKIL - Perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Singkil mayoritas belum bersertifikat. Terkait hal itu, pada tahun 2019 ini, pemerintah pusat mengratiskan pembuatan sertifikat tanah Pemkab tersebut.

Selain lahan milik pemerintah, pembuatan sertifikat gratis juga dilakukan kepada tanah masyarakat. Tahap awal, sertifikat gratis tanah masyarakat dan lahan pemerintah dilakukan di Desa Pulau Sarok, Kecamatan Singkil dan Desa Kampung Baru, Kecamatan Singkil Utara.

Dipilihnya dua desa tersebut lantaran keduanya merupakan lokasi pusat perkantoran pemerintah. Selanjutnya, program sertifikat tanah gratis akan berlanjut ke Desa Ketapang Indah dan Gosong Telaga Barat pada tahun 2020 mendatang.

Kepala Dinas Pertanahan Aceh Singkil, Afdaluddin, Jumat (25/1), mengatakan, untuk tanah masyarakat di Desa Kampung Baru dan Pulau Sarok, seluruhnya disertifikatkan secara gratis, asal semua persyaratannya terpenuhi. “Sedangkan tanah pemerintah kami usul 350 persil, namun yang dikabulkan sertifikat gratis mungkin sekitar 100 persil dalam tahun ini,” kata Afdaluddin.

Menindaklanjuti program tersebut, ujar Afdaluddin, pihaknya telah melakukan sosialisasi pendaftaran tanah sistematis lengkap. “Info yang saya terima, sertifikat gratis tanah pemerintah merupakan yang pertama di Provinsi Aceh. Kita patut bersyukur,” ujar Afdaluddin.(de)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved