KPAI Sebut Sekolah Harusnya Bantu Carikan Solusi Siswa yang Kesulitan Bayar Biaya

Dia mencontohkan upaya membantu memindahkan sang anak ke sekolah negeri terdekat, karena sekolah negeri untuk SD gratis.

KPAI Sebut Sekolah Harusnya Bantu Carikan Solusi Siswa yang Kesulitan Bayar Biaya
Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti ketika ditemui di kantor Wakil Presiden, Jakarta, Senin (6/11/2017). (KOMPAS.com/ MOH NADLIR) 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Pendidikan, Retno Listyarti, mengatakan pihak sekolah seharusnya membantu mencari solusi siswa yang berasal dari orang tua kurang mampu secara ekonomi.

"Jika ternyata orang tua siswa tersebut tidak bisa melunasi uang SPP beberapa bulan karena ketidakmampuannya, maka hal ini harus dibicarakan baik-baik," kata Retno, Senin (28/1/2019).

Pernyataan Retno menanggapi GNS (10), seorang pelajar di salah satu sekolah swasta di Kabupaten Bogor, yang menerima hukuman push up sebanyak 100 kali.

Hukuman itu diberikan pihak sekolah, karena belum melunasi uang sumbangan pembinaan pendidikan (SPP).

Sebagai upaya mencari jalan keluar dari permasalahan, kata dia, sekolah juga bisa berkoordinasi dengan pengawas sekolah dan Dinas Pendidikan setempat.

Dia mencontohkan upaya membantu memindahkan sang anak ke sekolah negeri terdekat, karena sekolah negeri untuk SD gratis.

Namun, kata dia, berbeda dengan pihak sekolah swasta yang memang operasional sekolah sangat tergantung uang bayaran siswa sehingga berbiaya.

Selain itu, dia menambahkan, pihak sekolah juga bisa berkomunikasi dengan para orang tua lainnya melalui komite sekolah sehingga bisa dicarikan solusi.

"Misalnya dengan mencarikan orang tua asuh atau bantuan beberapa orang tua yang mampu melalui program subsisi silang untuk siswa yang orangtuanya kurang mampu secara ekonomi," tambahnya.

Sebelumnya, GNS (10), pelajar di salah satu sekolah swasta di Kabupaten Bogor, mendapatkan hukuman push-up sebanyak 100 kali.

Halaman
12
Editor: Amirullah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved