Banda Aceh-Selangor Bahas Kerja Sama

Pemerintah Kota Banda Aceh membahas kemungkinan kerja sama dengan Negeri Selangor, Malaysia

Banda Aceh-Selangor Bahas Kerja Sama
IST
KETUA Pegawai Eksekutif Perbadanan Adat Melayu dan Warisan Negeri Selangor, Dato’ Paiman Bin Keromo, menyerahkan plakat kepada Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, dalam pertemuan di balai kota, Selasa (29/1). 

BANDA ACEH - Pemerintah Kota Banda Aceh membahas kemungkinan kerja sama dengan Negeri Selangor, Malaysia. Pertemuan antara Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman dengan rombongan Selangor yang dipimpin Ketua Pegawai Eksekutif Perbadanan Adat Melayu dan Warisan Negeri Selangor, Dato’ Paiman Bin Keromo berlangsung di balai kota, Selasa (29/1).

“Kita sedang gencar-gencarnya menggenjot sektor wisata. Banyak destinasi wisata menarik, seperti Masjid Raya Baiturrahman, Museum Tsunami, Kapal Apung, dan destinasi menarik lainnya. Ada juga wisata ziarah, makam Syiah Kuala dan makam Sultan Iskandar Muda, Sultan Aceh yang memiliki hubungan baik dengan Selangor,” ungkap Aminullah.

Wali Kota menyampaikan mengaku bangga atas kunjungan delegasi Selangor ke Banda Aceh. Banda Aceh, katanya, sangat terbuka bagi siapapun dan siap menerima pihak-pihak yang ingin berinvestasi. Bagi investor, Aminullah memastikan akan membantu mempermudah perizinan.

Sementara Dato’ Paiman Bin Keromo mengatakan, Aceh dan Selangor telah memiliki hubungan sejak tahun 1600-an. Aceh dan Selangor pernah saling membantu saat melawan penjajah. Sultan Iskandar Muda pernah membantu meriam saat Selangor berperang melawan Belanda.

Sebaliknya, Raja Selangor juga pernah mengirimkan bantuan putra terbaik, Raja Muda Nala ke Aceh untuk membantu Aceh berperang melawan penjajahan Portugis. Sekitar tahun 1795, Raja Muda dari Negeri Jiran tersebut mangkat dan dimakamkan di Aceh.

Dalam pertemuan ini, kedua belah pihak juga membahas rencana pemugaran makam Raja Muda Nala. Pihak Selangor saat ini sedang memastikan makam yang berlokasi di belakang Gedung AAC Dayan Dawood Unsyiah adalah makam Raja Muda Nala. “Kami juga sedang memastikan kebenaran makam ini. Kalau benar ini makam Raja Muda Nala, rencananya Raja Selangor akan datang kesini,” kata Dato’ Paiman.(rel/rul)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved