Panwaslih Panggil Kajati dan Abusyik

Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh memanggil Bupati Pidie, Roni Ahmad alias Abusyik dan Kajati Aceh

Panwaslih Panggil Kajati dan Abusyik
SERAMBI/M ANSHAR
KETUA Umum Partai NasDem, Surya Paloh menghadiri peresmian Sekber Pemenangan Caleg DPR-RI dan Capres/ Cawapres Nomor Urut 01, Jokowi/Ma’ruf Amin, di kawasan Desa Ilie, Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh, Kamis (24/1). 

* Karena Hadiri Peresmian Sekber Jokowi-Ma’ruf

BANDA ACEH - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh memanggil Bupati Pidie, Roni Ahmad alias Abusyik dan Kajati Aceh, Irdam MH. Keduanya dipanggil untuk diklarifikasi karena menghadiri acara peresmian Sekretariat Bersama (Sekber) Pemenangan Caleg DPR RI Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan Tim Pemenangan Jokowi-Ma’ruf di Banda Aceh, Kamis (24/1) lalu.

Dari dua pejabat publik yang dipanggil Panwaslih tersebut, hanya Abusyik yang memenuhi panggilan, Rabu (30/1), sedangkan Kajati Aceh, Irdam tidak hadir hingga siang kemarin.

Menurut Komisioner Panwaslih Aceh, Fahrul Rizha Yusuf, Kajati Aceh tidak hadir karena sedang dalam tugas. “Sudah terkonfirmasi tadi melalui asisten, katanya hari ini (kemarin -red) ada tamu dari Kejaksaan Agung. Untuk Pak Kajati akan kita agendakan kembali pemanggilannya,” kata Fahrul Rizha.

Amatan Serambi, sekira pukul 13.30 WIB, Abusyik berada di Kantor Panwaslih Aceh di Banda Aceh. Ia didampingi Staf Khusus Bidang Komunikasi Bupati Pidie, Ridha Yuadi MSi, Abusyik ke luar dari kantor tersebut pada pukul 13.40 WIB saat proses klarifikasi telah selesai. Mengenakan peci khasnya berwarna merah, Abusyik ke luar dengan santai dan menuju mobilnya bersama para ajudan.

Komisioner Panwaslih Aceh, Fahrul Rizha Yusuf mengatakan, Abusyik dan Irdam sebagaimana laporan yang diterima pihaknya beberapa waktu lalu, menghadiri Sekber Pemenangan Caleg DPR RI Partai NasDem dan Tim Pemenangan Jokowi-Ma’ruf Kamis lalu yang juga dihadiri oleh Ketua Umum Partai NasDem, Drs Surya Paloh.

“Ada informasi yang hadir itu ada kepala daerah, Bupati Pidie, Roni Ahmad. Karena ada disebut Bupati Roni, kemarin kita kirim surat undangan, dan ternyata tadi beliau hadir ke sini. Kita ingin klarifikasi terkait kehadiran beliau di acara itu dan juga Pak Kajati Aceh,” kata Fahrul Rizha.

Dari hasil klarifikasi pihaknya, Abusyik hadir dalam acara peresmian itu atas nama pribadi bukan atas nama Bupati Pidie. Undangan yang didapat, kata Fahrul, juga atas nama pribadi Roni Ahmad (Abusyik), tidak ada embel-embel Bupati Pidie. “Katanya beliau menghargai undangan makanya hadir dan undangan itu atas nama pribadi,” kata Fahrul.

Dalam acara itu, sesuai dengan pengakuan Abusyik kepada Panwaslih, Abusyik juga tidak menyampaikan arahan atau sambutan apa pun dalam acara itu. Dia hanya datang untuk memenuhi undangan panitia. “Informasi ini sudah kita dapatkan, nanti akan kita bahas lagi dengan para komisioner lainnya,” kata Fahrul.

Terkait masuknya nama Abusyik ke dalam tim sekber pemenangan tersebut, Abusyik kepada Panwaslih mengaku belum mendapatkan SK. “Beliau katanya belum dapat SK tim sekber itu. Informasi-informasi itu yang kita butuhkan dan sedang kita dalami,” kata Fahrul.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved