Rekrut 1.380 Pengawas TPS di Pidie, Panwaslih Gelar Rakor Bersama Panwascam

Panwaslih Pidie menggelar rapat koordinasi (rakor) pembentukan pengawas tempat pemungutan suara.

Rekrut 1.380 Pengawas TPS di Pidie, Panwaslih Gelar Rakor Bersama Panwascam
Serambinews.com
Panwaslih Pidie menggelar rapat koordinasi di Aula Hotel Shafira Blang Paseh, Kecamatan Kota Sigli, Kamis (31/1/2019) 

Laporan Muhammad Nazar | Pidie 

SERAMBINEWS.COM, SIGLI - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Pidie menggelar rapat koordinasi (rakor) pembentukan pengawas tempat pemungutan suara, di Aula Hotel Shafira Blang Paseh, Kamis (31/1/2019).

Rakor tersebut bertujuan merekrut petugas pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang bertugas pada pemilu 2019, dan sebagai ujung tombak Panwaslih dalam menyuplai informasi dan data.

"Sesuai data KIP Pidie, tercatat 1.380 jumlah TPS. Sehingga Panwaslih akan merekrut 1.380 pengawas TPS. Setiap TPS akan ditempatkan satu pengawas," sebut Ketua Panwaslih Pidie, Junaidi SH.

Ia menjelaskan, masa kerja pengawas TPS sekitar satu bulan, yang berakhir pascapemungutan dan perhitungan suara, dengan honorarium Rp 550.000 per orang per bulan.

Baca: Hadiri Peresmian Sekber Pemenangan Jokowi-Maruf Amin, Abusyik dan Kajati Aceh Dipanggil Panwaslih

Baca: Terkait Desain Kertas Suara, Panwaslih tak Dilibatkan

Baca: DKPP Beri Sanksi kepada Komisioner Panwaslih Aceh

Ia menjelaskan, tugas pengawas TPS, mulai dari mengawasi pendistribusian logistik pileg dan pilpres, hingga proses pemungutan dan perhitungan suara.

Pendaftaran pengawas TPS mulai 11 hingga 21 Februari 2019. "Persyaratannya dapat dilihat di kantor keuchik, mulai dari tanggal 4 hingga 11 Febuari 2019. Permohonan diantar langsung ke kantor Panwascam masing-masing kecamatan," sebutnya.

Ia menambahkan, untuk proses perekrutan dilakukan Panwascam. Baik dari tahap pemeriksaan kelengkapan administrasi, hingga wawancara. 

"Personal yang mendaftar tidak boleh tercatat sebagai  timses caleg dan anggota partai politik. Pengawas TPS yang direkrut harus benar-benar netral," pungkasnya.(*)

Penulis: Muhammad Nazar
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved