Rumah Darson Penderita Tumor Berlantai Tanah

Derita Darson ternyata tak hanya karena didera penyakit tumor ganas di bagian lehernya yang saat ini sedang dalam

Rumah Darson Penderita Tumor Berlantai Tanah
SERAMBI/SARI MULIYASNO
Rumah tak layak huni yang ditempati Darson penderita tumor ganas bersama anak dan isterinya di Desa Padang Unoi, Simeulue, berlantai tanah. Foto direkam Rabu (30/1/2019). 

SINABANG - Derita Darson ternyata tak hanya karena didera penyakit tumor ganas di bagian lehernya yang saat ini sedang dalam penanganan medis oleh tim dokter bedah di RSUZA Banda Aceh. Saat Serambi bersama sejumlah wartawan menyambangi kediaman keluarga miskin asal Desa Padang Unoi, Kecamatan Salang, Simeulue itu, Rabu (30/1), terungkap fakta kalau keluarga kecil Darson menempati rumah tak layak huni yang cuma berukuran 3x6 meter.

Rumah Darson yang berdinding papan beratap seng itu tidak bersemen alias hanya berlantai dengan tanah. Selain itu, rumah Darson juga tak memiliki kamar. Yang ada hanya sekat dinding antar bagian dapur dengan ruang tamu sekaligus dijadikan tempat tidur.

Gusraidin selaku tokoh masyarakat setempat kepada Serambi mengakui, kalau keluarga kecil Darson hidup pas-pasan. Apalagi saat ini, Darson yang menjadi tulang punggung untuk isteri dan seorang anaknya, tak lagi mampu menafkahi keluarga dia lantaran didera tumor. “Inilah kondisi rumah Darson. Sejak ia sakit, kebutuhan keluarganya ditopang tetangga dan juga saudaranya,” tandas Gusraidin yang turut diiyakan Darto, abang kandung Darson.

Dijelaskannya, sebelum didera penyakit tumor, sehari-hari Darson bekerja serabutan untuk memenuhi kebutuhan hidup isteri dan anaknya. Saat musim turun ke sawah, ia pun turut menggarap sawah. Selain itu, Darson juga pandai menyelam mencari gurita saat harga tinggi.

“Jadi, rumahnya ini sudah ditempati sekitar lima bulan terakhir atau sejak ia sakit. Sebelumnya, untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan biaya pergi berobat, ia jual tanah tidak termasuk rumah. Kami dulu gotong royong mendirikan rumah ini dengan cara memindahkan dari tempat sebelumnya,” ulas Gusraidin.

Dia membeberkan, saat ini pihaknya sedang berupaya untuk mengajukan bantuan pembangunan rumah untuk Darson ke Pemkab Simeulue. “Mudah-mudahan, pemerintah daerah dapat mengabulkan usulan pembangunan rumah layak huni untuk Darson dan keluarganya,” tutup Gusraidin.(sm)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved