Wajib Pajak Diimbau segera Lapor SPT

Pihak Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Banda Aceh dan Aceh Besar mengimbau wajib pajak (WP)

Wajib Pajak Diimbau segera Lapor SPT
SERAMBI/BUDI FATRIA
Karyawan PT Aceh Media Grafika (AMG) mengisi Surat Pajak Tahunan (SPT) secara online dengan fasilitas e-Filing di Kantor Harian Serambi Indonesia, di Meunasah Manyang Pagar Air, Ingin Jaya, Aceh Besar SERAMBI/BUDI FATRIA 

BANDA ACEH - Pihak Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Banda Aceh dan Aceh Besar mengimbau wajib pajak (WP) orang pribadi dan badan untuk segera melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) ke KPP tempat WP terdaftar atau e-filing melalui laman DJP online. Penyampaian SPT tahunan merupakan kewajiban setiap wajib pajak yang berfungsi sebagai sarana untuk melaporkan dan mempertanggungjawabkan penghitungan jumlah pajak yang sebenarnya terutang.

Kepala KPP Pratama Banda Aceh, Nurul Hidayat menyampaikan informasi tersebut kepada Serambi, Rabu (30/1). “Kami mengajak wajib pajak untuk segera menyampaikan kewajibannya dalam pelaporan SPT Tahunan Pajak Penghasilan,” ujarnya.

Dikatakan, masyarakat diimbau untuk lebih awal menyampaikan SPT untuk menghindari antrean panjang, dan sanksi apabila telat melapor. Jangka waktu pelaporan SPT Tahunan PPh adalah sampai 31 Maret untuk wajib pajak Orang Pribadi, dan 30 April untuk wajib pajak Badan.

“Apabila tidak atau terlambat melaporkan, maka dikenakan sanksi administrasi yaitu Rp 100 ribu untuk SPT Orang Pribadi, dan Rp 1 juta untuk SPT Badan,” sebutnya.

Pelaporan SPT dapat dilakukan dengan langsung datang ke KPP Pratama Banda Aceh, khusus untuk wilayah kerja Banda Aceh. Sementara untuk wilayah Sabang, Sigli, dan Aceh Besar dapat melapor ke KPP Pratama Aceh Besar. Wajib pajak dapat juga melapor secara mandiri melalui e-filing.

Ia menjelaskan, e-filing adalah cara penyampaian SPT Tahunan PPh secara elektronik yang dilakukan secara online, dan realtime pada website Direktorat Jenderal Pajak (www.djponline.pajak.go.id) atau melalui Penyedia Jasa Aplikasi (ASP). Dengan menggunakan e-filing, WP dapat melaporkan SPT-nya dari mana saja dan kapan saja tanpa harus mengantre di kantor KPP Pratama.

“Khusus untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri berdasarkan Surat Edaran MENPAN/RB nomor 8 Tahun 2015, diwajibkan menggunakan e-filing,” tambah Nurul Hidayat.

Kepala KPP Pratama Banda Aceh, Nurul Hidayat menyampaikan, dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat WP, KPP Pratama Banda Aceh juga akan membuka kelas pajak. Kelas tersebut bertujuan untuk membantu wajib pajak dalam pengisian SPT

“Kegiatan ini akan diselenggarakan mulai 18 Februari hingga akhir Maret 2019 bertempat di KPP Pratama Banda Aceh,” sebutnya. Ia kembali mengimbau masyarakat wajib pajak untuk segera melaporkan SPT tahunannya sebelum batas waktu.

“Lebih cepat lebih baik. Bantu kami untuk semakin baik melayani wajib pajak dengan melaporkan SPT tahunan lebih awal, sehingga pelayanan yang kami berikan dapat lebih optimal,” kata Nurul Hidayat. Dikatakan, apabila masih terdapat hal-hal yang memerlukan penjelasan lebih lanjut, dapat langsung datang ke kantor pajak atau melalui Kring Pajak 1500200. (una)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved