VIDEO - Seekor Paus Terdampar di Perairan Tapaktuan

Terdamparnya seekor Paus ini sempat mengagetkan warga sekitar karena kejadian seperti ini baru pertama kali terjadi di Tapaktuan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN – Seekor paus jenis ‘cuvier beaked whale’ dengan panjang 4,59 Cm ditemukan mati terdampar di perairan Gampong Lhok Keutapang, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, Kamis (31/01/2019).

Terdamparnya seekor Paus ini sempat mengagetkan warga sekitar karena kejadian seperti ini baru pertama kali terjadi di Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan.

Selain Kapolres dan Kadis Kelautan dan Perikanan Aceh Selatan, di lokasi terdamparnya Paus dilindungi itu juga hadir sejumlah Staf Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang.

Baca: Mahasiswi Tewas tanpa Busana, Mulut dan Leher Terikat Pakaian Sendiri, Diduga Diperkosa Lalu Dibunuh

Baca: Imbauan Nyanyikan Indonesia Raya di Bioskop, Begini Tanggapan Tompi dan Yunarto Wijaya: Seperti Orba

Dilokasi tersebut, mereka langsung melakukan penelitian terkait matinya Paus yang dilindungi itu. Hasil penelitian sementara Paus tersebut mati karena terdampar.

Dina, salah seorang Staf dari Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang menjelaskan, mengaku belum tahu spesiesnya tapi dari identifikasi teman – temannya termasuk spesies paus jenis ‘cuvier beaked whale”.

“Ada 23 jenis spesies jadi masih ada berdebatan mengenai spesies paus hari ini, salah satunya kemungkinan cuvier karena kita lihat dari warnanya itu agak mirip, macam – macam prediksi,” jelasnya.

Saat ditanya jenis kelamin Paus tersebut, Dina mengaku jika dilihat dari fisiknya betina. “Spesies ini kalau dewasa maksimal sekitar 13 meter, kalau yang tadi kita hitung 4, 59 cm,” pungkasnya.

Penulis: Taufik Zass
Editor: Amirullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved