Bupati Paparkan SPAM Jantho di Kemenkeu

Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali, memaparkan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Jantho ke Kementerian Keuangan

Bupati Paparkan SPAM  Jantho di Kemenkeu
SERAMBI HARI MAHARDHIKA
BUPATI Aceh Besar, Mawardi Ali bersama jajarannya meninjau lahan yang bakal didirikan Kampus IPDN Regeonal Aceh, di Kota Jantho, Aceh Besar, Senin (21/1). 

BANDA ACEH - Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali, memaparkan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Jantho ke Kementerian Keuangan Dirjen Pengelolaan Dukungan Pemerintah dan Pembiayaan Infrastruktur, di Ruang Garuda Gedung Frans Seda Kemenkeu RI Jakarta, Kamis (31/1).

Mawardi menjelaskan, Pemkab Aceh Besar telah membentuk Pokja Percepatan Pembangunan Infrastruktur dengan SK Bupati Aceh Besar Nomor 2 Tahun 2018 untuk mendukung pelaksanaan kebijakan dan membantu mengurangi kesenjangan dalam kinerja penyediaan air minum di Aceh Besar.

Dimana percepatan pembangunan infrastruktur, khususnya air minum disinergikan dengan program nasional, yaitu program Kerja sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) yang ada di tahapan yang sedang berjalan dalam program KPBU SPAM Jantho. “Proyek SPAM Jantho dambaan dan program strategis Kabupaten Aceh Besar, dimana sumber air untuk SPAM Jantho yaitu sungai Krueng Jalin,” kata Mawardi.

Menurutnya, proyek SPAM Jantho sudah berjalan selama kurang lebih satu tahun dan dirasakan sangat lambat. “Ini mungkin kesalahan kami di Pemerintah Aceh Besar, dimasa datang harus ada percepatan dalam penyiapan dokumen SPAM Jantho,” ungkapnya.

Dijelaskan, untuk percepatan program SPAM Jantho, Pemkab Aceh Besar akan mengundang stakeholder ke Aceh Besar pada Februari mendatang. Bahkan, Surat Izin Penggunaan Air (SIPA) yang telah disampaikan ke Kementrian PUPR akan disusul kembali. Untuk itu, tim SPAM Pusat diharapkan dapat membantu sepenuhnya program SPAM Jantho. “Kami sangat berharap proyek ini dapat berjalan dan terealisasi,” tutup Mawardi Ali.

Sementara, Kasubdit Evaluasi Dukungan Pemerintah, Jimmy Situmorang SSi ME mengatakan sangat mendukung dan memastikan program KPBU SPAM Jantho masih tetap jalan. “Program KPBU SPAM Jantho sudah masuk dalam list proyek nasional, dimana ada 33 proyek infrastruktur di dalamnya, termasuk SPAM Jantho,” pungkasnya.

Turut hadir, Kepala Bappeda Aceh Besar, Ir Makmur MT, Kabag ULP Darmansyah ST, Kabag Humas dan Protokol Muhajir SSTP MPU, dan Dirut PDAM Tirta Mountala, Ir Sulaiman.(mir)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved