KIP Aceh Timur Muktakhirkan Data Pemilih

KIP Aceh Timur menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pemutakhiran Data Pemilih untuk Pemilu 2019 dengan PPK dan PPS se-Aceh Timur

KIP Aceh Timur Muktakhirkan Data Pemilih
Tribunnews.com
Ilustrasi 

IDI - KIP Aceh Timur menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pemutakhiran Data Pemilih untuk Pemilu 2019 dengan PPK dan PPS se-Aceh Timur di Gedung Idi Sport Center pada Kamis (31/1). Kegiatan ini, diikuti Ketua PPK sebanyak 24 orang dan seluruh petugas PPS berjumlah 1.539 orang.

Ketua KIP Aceh Timur, Zainal Abidin mengatakan dalam menghadapi pemilu 2019 mendatang, setiap PPK dan PPS diharapkan bersinergi dan terus berkoordinasi. “Kepada para PPK dan PPS harus meningkatkan sinergi dan tetap jaga intergritas serta menjali koordinasi antarlini guna terciptanya pemilu yang berkualitas,”kata Zainal.

Zainal juga berharap PPK dan PPS memaksimalkan waktu yang ada untuk mendapatkan data yang berkualitas, data faktual sesuai dengan apa yang ada di lapangan.

Sedangkan Wakil Bupati (Wabup) Aceh Timur, Syahrul Bin Syama’un mengatakan daftar pemilih merupakan elemen yang sangat penting dalam penyelenggaraan pemilu. Disebutkan, baik dan buruknya daftar pemilih akan mempengaruhi kualitas penyelenggaraan dan kualitas hasil pemilu.

“Jika daftar pemilih tidak baik, dipastikan proses dan hasil pemilu akan tidak baik, sebaliknya jika berkualitas, maka proses hasil pemilu akan menjadi lebih baik,” ujar Syahrul Bin Syamaun.

Wabup menambahkan, KIP dan PPS memiliki arti penting dalam menentukan kualitas daftar pemilih. Dikatakan, hal itu disebabkan KIP dan PPS memiliki tugas dan tanggungjawab yang besar, bahkan sangat satregis dalam proses pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih.

Dikatakan, baik dan buruknya kualitas daftar pemilih tetap sangat ditentukan oleh kinerja KIP dan PPS dalam proses pemutakhiran data pemilih. “Kita semua menyadari bahwa daftar pemilih merupakan salah satu tahapan pemilihan yang sangat krusial dan strategis bagi terselenggaraanya pemilu yang berkualitas, ujarnya.

Dia menyatakan sebagai penyelenggara pemilu harus berkomitmen kuat untuk melakukan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih yang komprehensif, akurat dan terkini,” harap Wabup.

“Saya berharap dan berpesan melalui rapat koordinasi pemutakhiran data pemilih ini dapat terciptanya daftar pemilih yang akurat dan tanpa adanya masalah nantinya,” harap Wabup Aceh Timur.(c49/rel)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved