Pemerintah Harus Peduli Pendidikan Karakter

Anggota DPD RI asal Aceh, Ghazali Abbas Adan mengatakan, Pemerintah Aceh harus peduli terhadap pendidikan

Pemerintah Harus Peduli Pendidikan Karakter
IST
Anggota DPD RI Perwakilan Aceh Drs Ghazali Abbas Adan saat melakukan pertemuan dengan jajaran Badan Perbendaharaan dan Keuangan Daerah (BPKD) Kota Sabang beberapa waktu yang lalu. 

BANDA ACEH - Anggota DPD RI asal Aceh, Ghazali Abbas Adan mengatakan, Pemerintah Aceh harus peduli terhadap pendidikan karakter para pelajar di Aceh. Apalagi, Aceh memiliki kekhususan yang membuat pemerintah lebih mudah mewujudkan pendidikan karakter, termasuk pendidikan agama Islam dan kearifan lokal.

Hal itu disampaikan Ghazali Abbas Adan saat kegiatan ‘Dengar Pendapat Masyarakat’ tentang dasar pendidikan karakter, Kamis (31/1), di Gedung PGRI, Banda Aceh. Ia menjelaskan, pendidikan karakter sebagai upaya membentuk iman para siswa dan sangat bermanfaat untuk menciptakan generasi masa depan Aceh yang lebih baik.

Ia menambahkan, pemerintah harus memberikan dukungan nyata dalam upaya pembentukan karakter generasi masa depan Aceh ini. “Salah satu bentuk dukungan yakni dengan memberikan anggaran khusus untuk pendidikan karakter yang nanti dapat dijadikan dalam menunjang pendidikan tersebut,” jelasnya.

Ia memaparkan, negara sudah memberikan kekhususan untuk Aceh, sehingga dapat melaksanakan pendidikan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai keacehan, misalnya menciptakan pendidikan agama Islam dan kearifan lokal.

“Memasukkan dasar syariat dan dasar Islam yang menjadi bagian dari Aceh ke dalam pendidikan tidak bertentangan dengan undang-undang nasional, karena kita punya kekhususan, jadi harus dimanfaatkan,” ujar Ghazali Abbas.

Diuraikannya, pembentukan kurikulum agama Islam yang telah dilaksanakan sekolah umum di Aceh sudah sangat bagus. Karena pembangunan pendidikan karakter harus sistemik dan terprogram. Ini sebagai upaya untuk menjadikan para siswa sebagai generasi beriman dan bertakwa.

“Ada beberapa hal yang harus ditanamkan sejak dini yaitu jujur, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin. Selain itu, pejabat negara juga harus menunjukkan sikap sebagai teladan kepada generasi muda,” pungkas senator asal Aceh tersebut.(mun)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved