Sudah Ada Sejak 1993, Ternyata Ini Asal-usul Kata ‘Jomblo’

Pada era itu, jomblo adalah suatu keadaan di mana kita masih belum pacaran, entah apa motivasinya. Tapi, bukan berarti nggak laku lho.

Sudah Ada Sejak 1993, Ternyata Ini Asal-usul Kata ‘Jomblo’
shutterstock
Ilustrasi 

SERAMBINEWS.COM, Bandung - Kalian pasti sering banget pake istilah jomblo. Kata ini, emang udah terkenal abis. 2017 kemarin, ada remake film Jomblo yang versi aslinya tayang pada 2006. Balik ke tahun 2001, Gigi merilis lagu berjudul jomblo.

Tapi sebenarnya, kapan sih istilah jomblo muncul?

Throwback ke tahun 1993, HAI punya rubrik "Opini Kita". Di rubrik ini pelajar boleh menuliskan pendapatnya akan apapun, dari musik hingga kejadian di sekolah.

Nah, pada edisi 18 Mei 1993, pelajar SMAN 3 Bandung bernama Widdi A menulis tentang istilah yang lagi ngetren di Kota Kembang: Jomblo.

"Kata itu sebenarnya berasal dari bahasa Sunda yang berarti: dagang teu payu-payu (dagangtapi tidak laku-laku). Entah kenapa, dan oleh siapa, kata itu demikian populer sekarang. Terutama buat mereka yang belum berpacaran," tulisnya.

Baca: Pos Blangpidie Terima 23 Sampul Tabloid Barokah

Baca: 5 Fakta dan Kronologi Terkait Perseteruan Jerinx SID dan Ashanty

Pada era itu, jomblo adalah suatu keadaan di mana kita masih belum pacaran, entah apa motivasinya. Tapi, bukan berarti nggak laku lho.

"Banyak dari mereka yang merasa menjadi bebas setelah mendapat gelar tersebut. Mereka berpikiran sama terhadap semua cewek. Tidak ada yang istimewa, kata mereka," tambahnya.

Ternyata banyak juga efek yang ditimbulkan dari perkembangan perkembangan kejombloan itu. Mereka mulai mencari-cari identitas kejombloannya. Mulai dari tulisan sampai mencari lagu wajib yang bisa dipakai jambang kejombloan itu. Misalnya lagu Lonely Boy-nya Sex Pistols atau No Woman No Cry-nya Bob Marley. Dan masih banyak lagi.

Bukti kalo istilah jombloudah ada dari 1993 lalu. (HAI / Pixabay)
Bukti kalo istilah jombloudah ada dari 1993 lalu. (HAI / Pixabay) ()

Baca: Rocky Gerung Dimintai Keterangan Polisi Ihwal Penodaan Agama: Yang Bodoh, Pelapornya

Viralnya (zaman dulu udah ada istilah viral nggak ya?) istilah jomblo ini bikin para penyendiri tersebut bikin kelompok.  Mereka yang baru putus, atau memang nggak mau pacaran, atau karena memang tidak "laku", bergabung di sana.

Ada Joker alias Jomblo Keren. Ada PJB yang berarti Persatuan Jomblo Bandung. Lalu ada IZ 3, singkatan dari Zomblo Tiga. Ada yang lebih aneh lagi: Jomblo Fried Chicken.

Halaman
12
Editor: Amirullah
Sumber: Hai
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved