Proyek Pompanisasi di Padang Rubek Mangkrak

Dua unit pompanisasi yang dibangun di kawasan Desa Padang Rubek, Kecamatan Kuala Pesisir, Nagan Raya

Proyek Pompanisasi di Padang Rubek Mangkrak
SERAMBI/SA'DUL BAHRI
WARGA melintas di lokasi pembangunan pompanisasi yang terbengkalai di Desa Padang Rubek, Kecamatan Kuala Pesisir, Nagan Raya, Sabtu (2/2). 

SUKA MAKMUE - Dua unit pompanisasi yang dibangun di kawasan Desa Padang Rubek, Kecamatan Kuala Pesisir, Nagan Raya terbengkalai akibat proyeknya mangkrak alias tidak tidak tuntas dikerjakan. Eksesnya, petani di daerah itu masih harus menunggu turunnya hujan setiap kali hendak bercocok tanam.

“Kami setiap bercocok tanam selalu harus menunggu adanya hujan karena belum ada irigasi. Kita berharap kepada Pemerintah Nagan Raya supaya dapat memfungsikan pompanisasi yang telah dibangun tetapi terbengkalai saat ini,” pinta Samsuardi, petani asal Padang Rubek kepada Serambi, Sabtu (2/2).

Ia menambahkan, akibat belum adanya irigasi petani di kawasan itu sering gagal panen lantaran persawahan mereka kekurangan air, seperti yang terjadi pada tahun 2018 lalu. Oleh karena itu, ucapnya, petani menyambut gembira saat pompanisasi dibangun di Padang Rubek, beberapa tahun lalu. Sayangnya, satu unit yang rampung dibangun tidak berfungsi,s edangkan satu unit yang lain terbengkalai karena tidak ada lanjutan pembangunannya atau mangkrak.

“Kondisi pompa yang terbengkalai itu, bagian pipa penyedot air ke sungai belum terpasang, sedangkan mesinnya sudah terpasang di dalam bangunan yang berukuran kecil di kawasan persawahan. Karenanya, pompa belum bisa difungsikan oleh petani untuk mengairi sawah,” ulasnya.

Samsuardi menyebutkan, pembangunan pompanisasi di kawasan tersebut hanya proyek mubazir dan sia-sia. Soalnya, proyek tersebut tidak memberikan manfaat apa pun bagi petani lantaran belum berfungsi sebagaimana yang diharapkan. “Dua pompa yang tidak berfungsi itu masing-masing di Lhok Blang Rubek dan di samping jembatan Padang Rubek-Langkak,” tukas Samsuardi.(c45)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved