Tafakur

Penyakit Dunia

Barangsiapa yang bangun di pagi hari dan hanya dunia yang dipikirkannya, sehingga seolah-olah tidak melihat hak-hak Allah

Penyakit Dunia

Oleh: Jarjani Usman

“Barangsiapa yang bangun di pagi hari dan hanya dunia yang dipikirkannya, sehingga seolah-olah tidak melihat hak-hak Allah dalam dirinya, maka Allah akan menanamkan empat penyakit: 1. kebingungan yang tiada putus-putusnya, 2. kesibukan yang tidak pernah ada ujungnya, 3. kebutuhan yang tidak pernah terpenuhi, 4. khayalan yang tidak berujung” (HR. Thabrani).

Ketenangan hidup sangat didambakan setiap insan, walaupun tak semua berkenan menapaki jalan meraihnya. Padahal Allah sudah memberi petunjuk jalan yang jelas untuk meraihnya.

Dalam sebuah ayat dikatakan bahwa hati akan menjadi tenang dengan cara mengingat Allah. Mengingat Allah adalah mengingat pesan-pesan Allah. Dengan mengingat pesan-pesan Allah, akan difahami bahwa meraih ketenangan hidup di dunia akan diperoleh bila banyak memikirkan akhirat. Apalagi Allah telah memastikan bahwa kehidupan akhiratlah yang abadi.

Dengan memahami pesan Allah tersebut, akan disadari bahwa dunia ini hanyalah tempat persinggahan semata untuk menuju akhirat, sehingga tak perlu berlomba untuk meraih dunia. Bila tak berlomba memperoleh dunia, maka akan merasa tak perlu untuk berperilaku tamak, tipu-menipu, caci-maki, korupsi, perang, angan-angan panjang, dan lain-lain.

Sebaliknya, bila terlalu memikirkan dunia akan menderita sejumlah penyakit dunia. Seperti dihinggapi rasa tak pernah cukup, panjang angan-angan, dan lain-lain.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved