Smile Train dan Serambi Gratiskan Bedah Bibir Sumbing, Pendaftaran Dibuka Hingga Sabtu Ini

Sebanyak 19 orang pasien bibir sumbing menjalani bedah gratis yang dilaksanakan Minggu (3/10/2019) di Rumah Sakit Malahayati Banda Aceh.

Smile Train dan Serambi Gratiskan Bedah Bibir Sumbing, Pendaftaran Dibuka Hingga Sabtu Ini
Serambinews.com
Dokter bedah dr M Jailani SpBP-RE (K) dan tim, saat melakukan operasi bibir sumbing gratis, Minggu (3/2/2019) di Rumah Sakit Malahayati Banda Aceh. 

Laporan Muhammad Nasir | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Sebanyak 19 orang pasien bibir sumbing menjalani bedah gratis tahap I yang dilaksanakan Minggu (3/2/2019) di Rumah Sakit Malahayati Banda Aceh.

Kegiatan ini dilaksanakan dua tahap, dan terlaksana berkat kerja sama Harian Serambi Indonesia dengan Smile Train.

Operasi bibir sumbing gratis ini dalam rangka memperingati HUT ke-30 Serambi Indonesia pada Februari ini.

Dokter spesialis bedah plastik, dr M Jailani SpBP-RE (K) yang juga Ketua Tim Bedah, mengatakan 19 pasien yang sukses menjalani pembedahan ini rata-rata berusia balita.

“Operasi bibir sumbing yang kami lakukan mencakup bedah bibir, langit-langit, hingga hidung,” jelasnya.

Menurutnya, bayi yang ingin dioperasi bibir sumbing, idealnya berusia antara 10 minggu atau tiga minggu pascalahir. Namun harus memiliki berat badan minimal 5 Kg.

Sedangkan untuk operasi bagian langit-langit mulut, sebaiknya dilaksanakan ketika usianya antara delapan bulan hingga dua tahun.

“Operasi bibir sumbing sebaiknya dilaksanakan pada usia di bawah dua tahun, sebelum dimulainya fungsi bicara pada bayi. Kalau sudah lewat dua tahun juga boleh, hanya saja fungsi bicaranya sudah berjalan. Sehingga setelah dioperasi, otaknya masih menyimpan kata/kalimat yang salah, yaitu kata yang sudah bisa ia ucapkan sebelum menjalani operasi,” ujarnya.

Baca: Smile Train Bantu Operasi 4 Ribu Penderita Bibir Sumbing

Baca: Penjelasan Dokter Bedah Plastik Tompi Mengenai Wajah Ratna Sarumpet Bengkak, Oplasnya Gagal?

Baca: BREAKING NEWS - Dua Kelompok Pemuda di Subulussalam Bentrok, Korban Luka Berjatuhan

Koordinator Smile Train Aceh, Rahmad Maulizar mengatakan, operasi gratis bibir sumbing yang terlaksana atas kerja sama Harian Serambi Indonesia dengan Smile Train ini, akan kembali digelar dan masih dibuka masa pendaftarannya selama seminggu.

“Kami akan kembali melaksanakan operasi tahap kedua, pada Minggu (10/2/2019) di Rumah Sakit Malahayati Banda Aceh,” kata Rahmat Maulizar.

Ia mengatakan, pendaftaran pasien tahap kedua akan dibuka hingga Sabtu (9/2/2019) nanti.

Sehingga bagi yang memiliki keluarga dan mengetahui ada penderita bibir sumbing di daerahnya, agar segera mendaftar, dan pendaftaran tidak dipungut biaya.

Proses pendaftaran bisa dilakukan di Kantor Harian Serambi Indonesia, Gampong Meunasah Manyang PA, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, dan kantor biro/perwakilan Serambi Indonesia di seluruh Aceh.(*)

Penulis: Muhammad Nasir
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved