Citizen Reporter

Masjid-masjid Indah di Rusia

SAAT melawat ke Rusia kali ini saya menyempatkan diri mengunjungi masjid-masjid indah di negara berdaulat

Masjid-masjid Indah di Rusia
IST
RITA DIANA, Traveler asal Aceh, melaporkan dari Moskow, Rusia

OLEH RITA DIANA, Traveler asal Aceh, melaporkan dari Moskow, Rusia

SAAT melawat ke Rusia kali ini saya menyempatkan diri mengunjungi masjid-masjid indah di negara berdaulat yang membentang sepanjang Asia Utara hingga sebagain Eropa Timur ini. Dengan wilayahnya seluas 17.125.200 km², menempatkan Rusia sebagai negara terluas di dunia. Wilayahnya mencakup seperdelapan luas daratan bumi. Saking luasnya, Rusia memiliki sebelas zona waktu.

Penduduknya pun menduduki peringkat kesembilan terbanyak di dunia dengan jumlah sekitar 146 juta jiwa (Maret 2016).

Mungkin banyak di antara pembaca yang belum tahu bahwa di Rusia banyak terdapat masjid yang indah walaupun mayoritas penduduknya (63-66 persen) beragama Kristen Ortodoks. 95% Umat Kristiani di Rusia terdaftar dalam Gereja Ortodoks, salah satu warisan budaya Rusia.

Sedangkan Islam merupakan agama terbesar kedua di Rusia dengan persentase 5-6% atau sekitar 15-20 juta jiwa dari total penduduknya. Pemeluk agama lainnya tersebar di berbagai aliran Protestan, agama Yahudi, Katolik Roma, dan Buddha.

Selama berada di Moskow, ada dua masjid yang sempat saya kunjungi, yaitu Masjid Katedral Moskow. Terletak di Kota Moskow, masjid ini disebut juga Masjid Agung Moskow. Tahukah Anda bahwa masjid ini merupakan masjid terbesar di daratan Eropa? Ya, mungkin tidak banyak yang menyangka bahwa di Rusia terdapat masjid terbesar di seluruh daratan Eropa.

Masjid indah ini diresmikan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin pada 19 September 2015. Untuk memasuki masjid ini kita harus melalui gerbang metal detector. Di dalam masjid saya dan beberapa teman disambut oleh wanita pengurus masjid yang sangat ramah. Kami dibawa berkeliling dari satu ruangan ke ruangan lainnya. Masjid ini terdiri atas empat lantai dengan lukisan kaligrafi yang cantik. Kami sempat menunaikan shalat Zuhur di sini dan diakhiri dengan sesi foto bersama pengurus masjid.

Masjid Soekarno
Selain Masjid Agung Moskow, ada satu lagi masjid indah yang harus dikunjungi jika kita sedang berada di Rusia, yaitu Masjid Biru Soekarno yang terletak di Kota St. Petersburg. Konon Presiden Soekarnolah yang meminta agar masjid yang saat itu sudah beralih menjadi gudang difungsikan kembali sebagai masjid.

Pada saat saya berkunjung ke sini bertepatan dengan waktu shalat Jumat. Halaman masjid dipenuhi oleh jamaah yang sedang shalat Jumat. Saya dan beberapa teman pun menunggu hingga shalat selesai. Kami diarahkan menuju lantai dua yang ternyata ruangannya dipenuhi oleh muslimah Rusia yang sedang mendengarkan ceramah dalam bahasa Rusia.

Kunjungan saya ke sini diakhiri dengan berkeliling masjid dan tentunya tak lupa foto bersama.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved