Menatap Kemolekan Wajah Lhokseumawe dari Gua Jepang

BERDIRI gagah di puncak bukit, Gua Jepang menjadi pilihan tepat menikmati kemolekan wajah Lhokseumawe

Menatap Kemolekan Wajah Lhokseumawe dari Gua Jepang
SERAMBITV.COM
Warga berfoto di ‘Taman Wisata Ngieng Jioh’ yang berada satu lokasi dengan ‘Goa Jepang’, di Desa Blang Panyang, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe. 

BERDIRI gagah di puncak bukit, Gua Jepang menjadi pilihan tepat menikmati kemolekan wajah Lhokseumawe dari ketinggian. Lokasinya yang strategis dan keindahan alam yang disuguhkan, menjadi alasan utama pengunjung mengalir kemari. Ya, Gua Jepang dan Taman Ngieng Jioh, yang notabenenya berada dalam satu kompleks menawarkan pengalaman berwisata mengesankan. Mengenal sejarah dan mengagumi kemolekan alam sekaligus.

Destinasi yang terletak di Desa Blang Panyang, Kecamatan Muara Satu itu menjadi salah satu primadona wisata andalan Lhokseumawe. Tak heran, tempat wisata yang mengakar dari sejarah itu, sejatinya telah ada sejak zaman pendudukan Jepang. Kerja paksa para romusha tersebut, membuahkan hasil berupa 17 gua ditambah delapan benteng pertahanan di mulut-mulut gua. Di dalamnya, setiap gua disekat sedemikian rupa sehingga serupa bentuk kamar. Di sanalah, tempat tentara Nippon tinggal sekaligus menjadi benteng pertahanan terhadap serangan pejuang. Kini, menyusuri gua tersebut tak ubahnya melakukan napak tilas dahsyatnya pendudukan Jepang.

Sementara Taman Ngieng Jioh yang bersisian dengan Gua Jepang, menyuguhkan panorama yang memanjakan mata. Dari gardu pandang, anda akan dibuat terkagum dengan pemandangan berupa laut biru yang menghampar. Dipisahkan oleh jalan dengan pemandangan berupa padang ilalang yang kehijauan, diselipi keberadaan rumah-rumah warga yang dari ketinggian terlihat bagai noktah. Sementara lalu lalang kendaran berlarian di jalan raya. Bibir Selat Malaka tersebut, dijejali oleh tanki kilang PT Arun yang sekarang berganti nama menjadi Pertagas. Bukti kekayaan perut bumi Aceh yang pada masanya membuat daerah ini digdaya.

“View-nya bagus karena dari atas bukit bisa terlihat pemandangan Kota Lhokseumawe. Akses kemari juga sudah bagus lantaran teraspal. Hanya saja sekarang fasilitasnya kurang terawat, seperti beberapa toko souvenir tidak difungsikan,” ujar Asma, pengunjung asal Kecamatan Dewantara, Aceh Utara.

Lokasi yang strategis di lintas Jalan Banda Aceh-Medan, membuat perjalanan menuju ke sini terasa nyaman. Taman Makam Pahlawan menjadi penanda pintu masuk menuju situs sejarah yang oleh warga lokal dinamai dengan ‘Guha Jepang’ itu. Sebuah plampet berisi petunjuk arah di sisi taman, akan mengantar anda berkendara di atas jalan mulus teraspal yang ‘membelah’ gugusan bukit.

Untuk masuk ke destinasi wisata yang buka mulai 2015 itu, anda cukup membayar parkir kendaraan saja. Kecuali jika anda juga menjajal gua, maka siapkan dana untuk tiket khusus. Pun begitu, keberadaan fasilitas pendukung yang diretas oleh Dinas Perhubungan dan Pariwisata (Dishubpar) membuat tempat ini ramah untuk wisata keluarga.

Seperti pemandangan yang terlihat saat Serambi menyambangi Gua Jepang, Lhokseumawe, Minggu (27/1). Rombongan keluarga berkumpul di bangunan-bangunan serupa pondok. Bangunan yang terbuat dari beton itu menyebar mulai puncak hingga lereng bukit. Dipisahkan oleh tangga dan jalan setapak yang ‘membelah’ padang bukit tersebut. Sementara para bocah memilih menikmati sarana bermain yang diperuntukkan bagi mereka, kaum mudanya lebih bernyali dengan berdiri di gardu pandang dan teralis besi, yang memagari puncak dan lembah bukit. Apalagi kalau bukan untuk mengabadikan keindahannya dengan lensa kamera.

Angin berbisik di sela-sela ilalang, di bawah langit kelabu pengujung Januari. Rintik gerimis yang mulai jatuh satu-satu, mengusir harapan akan melihat matahari tenggelam di ketingian 100 meter dari permukaan laut tersebut. Pun begitu, anda tak akan dibuat menyesal dengan panorama yang disuguhkan. Siapkan kamera dan abadikan setiap jengkal keindahannya.(nurul hayati)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved