Tafakur

Menebar Perdamaian

Kalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman. Kalian tidak beriman sampai kalian saling mencintai

Menebar Perdamaian

Oleh Jarjani Usman

“Kalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman. Kalian tidak beriman sampai kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan pada kalian suatu amalan yang jika kalian lakukan kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian” (HR. Muslim).

Berkasih sayang terhadap sesama adalah perekat yang sangat penting dalam membina umat dan negara. Namun sayangnya, kasih sayang telah tergerus hingga titik memperihatinkan di zaman sekarang. Bahkan, hilangnya kasih sayang terhadap sesama kelihatannya sudah dianggap biasa, walaupun sebenarnya dampaknya luar biasa. Hal ini pertanda buruk terhadap keimanan seseorang hamba.

Tanda-tanda orang beriman ialah mampu menumbuhkan dan menunjukkan kasih sayang terhadap sesama. Dengan cara itu terwujud tali persaudaraan yang kuat, yang selanjutnya menguatkan negara. Jika negara lemah, rakyatnya akan sengsara. Negara yang lemah akan mudah dipermainkan dan dihancurkan oleh negara lain. Seperti yang dialami saudara-saudara kita di Palestina, yang tidak bebas untuk bangkit dan membuat kemajuan karena selalu dikontrol dan sering kali menjadi korban keganasan negara Zionis yang kuat.

Karena itu, kita yang masih diberikan kekuatan dan kebebasan untuk memajukan diri, perlu menebarkan salam. Menebarkan salam adalah menebarkan perdamaian. Perdamaian terwujud karena adanya kasih sayang terhadap sesama, dengan menghormati sesama, cara tidak melakukan caci maki, menipu, dan lain-lain.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved