Nova: Tuntaskan Rehab Rekon Pijay

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, Senin (4/2) melantik H Aiyub Abbas dan H Said Mulyadi MSi

Nova: Tuntaskan Rehab Rekon Pijay
SERAMBI/IDRIS ISMAIL
PLT Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT menyemat tanda jabatan kepada Bupati dan Wakil Bupati Pidie Jaya, H Aiyub Abbas dan H Said Mulyadi SE MSi pada prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah dalam sidang paripurna istimewa di gedung DPRK setempat, Senin (4/2). 

* Seruan Saat Melantik Bupati dan Wabup

MEUREUDU - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, Senin (4/2) melantik H Aiyub Abbas dan H Said Mulyadi MSi masing-masing sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pidie Jaya (Pijay) periode 2019-2024. Pasangan ini meraih suara terbanyak, yakni 41.115 suara atau 51,61% saat berlangsung Pilkada Pijay pada 27 Juni 2018.

Dalam sambutannya, Plt Gubernur Aceh meminta Aiyub Abbas yang akrab disapa Abuwa dan Said Mulyadi biasa disapa Waled, untuk segera menuntaskan tahapan rehabilitasi dan rekonstruksi (rehab dan rekon) Pijay yang masih tersisa pascagempa berkekuatan 6,5 skala Richter pada 7 Desember 2016, terutama 1.010 unit rumah korban gempa.

Pesan penting tersebut disampaikan Nova Iriansyah dalam pidato pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Aiyub Abbas dan Said Mulyadi pada Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Pijay, Senin pagi.

“Saya berharap kepada Saudara Aiyub Abbas dan Said Mulyadi untuk tetap memiliki komitmen tinggi dalam menyelesaikan pembangunan kembali Kabupaten Pidie Jaya pascagempa pada masa kepemimpinan yang kedua ini,” ujar Nova.

Plt Gubernur Aceh juga berharap semua elemen di Pijay hendaknya mendukung berbagai program pembangunan dalam menyejahterakan masyarakat di 222 gampong dalam delapan kecamatan di kabupaten itu. “Tapi yang terpenting saat ini adalah penanganan dampak gempa yang hingga saat ini belum semua tertangani,” kata Nova Iriansyah.

“Sebagai kabupaten termuda di Aceh, Pijay dengan modal kekompakan pemerintahannya yang solid, saya yakin bupati dan wakil bupati dapat menuntaskan tahap rehab rekon akibat bencana gempa pada periode kedua ini,” ujarnya.

Nova juga yakin bahwa kondisi sumber daya alam Pijay di berbagai sektor, terutama pertanian, perkebunan, dan perikanan merupakan modal utama penghasil income dan pendapatan asli daerah (PAD) terbesar dalam mendongkrak income masyarakat di kabupaten itu. “Apalagi dengan kinerja dan sinergitas antara eksekutif dan legislatif dalam melahirkan APBK selama sepuluh tahun terakhir sangatlah memberikan kontribusi besar dalam membangun daerah,” ujar Plt Gubernur Aceh.

Sebelumnya, Ketua DPRK Pijay, Armia Harun, saat membuka rapat paripurna istimewa itu berharap kepada Abuwa-Waled agar program-program yang masih tertunggak terus dipacu pada periode kedua ini sebagaimana yang telah disampaikan dalam visi dan misi saat kampanye tahun lalu.

“Tentunya semua ini mesti dituangkan dalam penjabaran pada lima tahun ke depan tanpa tebang pilih, sekaligus untuk menuntaskan ‘PR’ permukiman warga, terutama rumah bagi korban gempa,” ujarnya.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved