Steffy Minta Dikirim Rp 150 Juta Saat Umrah

Untuk kebutuhan umrah ke Tanah Suci, Steffy Burase minta dikirimi uang Rp 150 juta. Atas perintah T Saiful Bahri

Steffy Minta Dikirim Rp 150 Juta Saat Umrah
INDRIANTO EKO SUWARSO
MODEL Fenny Steffy Burase bersaksi pada sidang lanjutan kasus dugaan suap Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) dengan terdakwa Gubernur nonaktif Aceh Irwandi Yusuf di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (4/2). 

JAKARTA - Untuk kebutuhan umrah ke Tanah Suci, Steffy Burase minta dikirimi uang Rp 150 juta. Atas perintah T Saiful Bahri, uang kemudian dikirim oleh Teuku Fadhilatul Amri ke empat rekening, termasuk ke rekening atas nama Irwandi Yusuf di Bank Mandiri dalam dua kali pengiriman. Rekening penerima lainnya atas nama Ade Kurniawan dan Fenny Steffy Burase.

Demikian antara lain yang terungkap dalam sidang lanjutan tindak pidana korupsi dengan terdakwa Gubernur nonaktif Aceh Irwandi Yusuf, Hendri Yuzal (mantan ajudan Irwandi Yusuf) dan T Saiful Bahri, pengusaha dan orang dekat Irwandi Yusuf.

Sidang berlangsung di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (4/2) siang sampai malam. Menghadirkan empat saksi, Fanny Steffy Burase, tenaga ahli dan konseptor Aceh Maraton, T Fadhilatul Amri, pengusaha yang juga keponakan terdakwa T Saiful Bahri, Nizarli, mantan Kepala Unit Lelang Pengadaan (ULP) Provinsi Aceh, Erdiansyah (swasta) dan Yusrizal dari Kelompok Kerja (Pokja) Aceh Maraton pada Badan Pengusahaan Pelabuhan Bebas dan Perdagangan Bebas (BPKS) Sabang.

T Fadhilatul Amri mengatakan dia mengirimkan uang tersebut sesuai perintah T Saiful Bahri. Nomor rekening penerima berasal dari Steffy Burase.

“Karena diperintah, ya saya kirim aja,” kata T Fadhilatul Amri dalam logat Aceh yang sangat kental.

Pengiriman ke rekening Irwandi Yusuf dilakukan dua kali pengiriman, pertama pukul 20:29:52 sejumlah Rp 15 juta dan kedua pada pukul 23:39:57 sejumlah Rp 24 juta. Pengiriman dilakukan pada tanggal yang sama, 9 Juni 2018.

Steffy Burase dalam kesaksiannnya mengakui pernah minta dikirimi uang kepada terdakwa T Saiful Bahri, karena uang yang diberikan oleh Irwandi Yusuf sebesar Rp 200 juta sudah terpakai untuk persiapan Aceh Maraton.

“Itu pinjaman dan untuk keperluan pribadi,” kata Steffy Burase soal permintaan uang Rp 150 juta tersebut.

Menjawab pertanyaan jaksa KPK, kenapa pengirimannya dilakukan secara terpecah-pecah ke beberapa rekening, Steffy mengatakan untuk memudahkan dirinya menarik tunai di Tanah Suci.

“Kalau satu rekening kan limitnya terbatas,” ujar Steffy yang mengaku saat menerima tranferan uang tersebut ia sudah berada di Tanah Suci bersama Gubernur Irwandi Yusuf.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved