Haji Uma Bantu Biaya Pemulangan Jenazah Warga Aceh Tamiang dari Malaysia

Keluarga tadinya sudah frustasi dengan biaya pemulangan jenazah, bahkan sudah pasrah jika jenazah harus dikebumikan di Johor Bahru.

Haji Uma Bantu Biaya Pemulangan Jenazah Warga Aceh Tamiang dari Malaysia
Dok.Serambinews.com
Anggota Komite II DPD RI asal Aceh, H Sudirman alias Haji Uma. 

Laporan Rahmad Wiguna | Aceh Tamiang

SERAMBINEWS.COM, KUALASIMPANG - Zulkifli, warga Aceh asal Kampung Telaga Muku, Kecamatan Bendahara, Aceh Tamiang yang meninggal dunia di Johor Bahrun Malaysia rencananya dipulangkan ke kampung halaman melalui Bandara Kualanamu, Deliserdang, Sumatera Utara, Jumat (8/2/2019) malam.

Rencana pemulangan jenazah almarhum Zulkifli menemui titik terang setelah H Sudirman alias Haji Uma, anggota DPD RI asal Aceh membantu kekurangan biaya pemulangan jenazah yang sebelumnya menjadi kendala pihak keluarga.

Berdasarkan keterangan anggota DPD RI asal Aceh, H Sudirman, dirinya mengetahui perihal meninggalnya warga Aceh di Malaysia dan kendala pihak keluarga untuk biaya pemulangan jenazah ke Aceh, setelah ada yang membagikan berita terkait di jejaring media sosial facebook.

Baca: Pemuda yang Banting dan Rusak Motor Saat Ditilang Jadi Tersangka, Menangis Minta Maaf saat Ditahan

Baca: BREAKING NEWS: Pemuda Perusak Motor dan Pembakar STNK Menangis di Kantor Polisi

Baca: Rekrutmen PPPK di sscasn.bkn.go.id Dibuka Jumat Sore Ini, Ini Syarat Peserta agar Bisa Daftar

Berdasarkan hal tersebut, Haji Uma kemudian mencoba menghubungi pihak keluarga guna menelusuri kebenaran dari kabar yang beredar. Hasilnya diketahui bahwa pihak keluarga tidak memiliki cukup biaya untuk pemulangan jenazah ke kampung halaman di Aceh Tamiang.

"Keluarga tadinya sudah frustasi dengan biaya pemulangan jenazah, bahkan sudah pasrah jika jenazah harus dikebumikan di Johor Bahru. Atas dasar tersebut, kita berinisiatif untuk membantu kekurangan biaya agar jenazah dapat segera dipulangkan ke Aceh Tamiang," ungkap Haji Uma, Jumat (8/2/2019) siang.

Haji Uma menuturkan berdasarkan keterangan dari keluarga, jenazah almarhum Zulkifli saat ini disemayamkan di Sultanah Aminah Hospital, Johor Baru hingga selesainya proses pengurusan untuk dapat dipulangkan ke Aceh Tamiang.

Proses pengurusan berkas dokumen sendiri hampir rampung dengan dibantu warga Aceh di Malaysia.

"Alhamdulillah, dari informasi terakhir diketahui bahwa proses pengurusan berkas sudah hampir rampung dan rencananya nanti malam akan diberangkat dari Malaysia dan Insya Allah sekitar pukul 21.00 WIB jenazah akan tiba di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara," ujar Haji Uma.

Haji Uma juga menuturkan informasi dari Abidin, sepupu almarhum terkait kronologis kejadian, awalnya Zulkifli mengeluh sakit dan mengatakan akan pergi berobat ke salah satu klinik di daerah setempat.

Namun sejak itu, almarhum Zulkifli hilang kontak sehingga informasi disebarkan guna mengetahui keberadaannya.

Namun akhirnya pada Rabu (6/2/2019) diperoleh informasi dari KBRI setempat bahwa Zulkifli telah meninggal dunia dan jenazahnya disemayamkan di Sultanah Aminah Hospital, Johor Bahru, Malaysia.(*)

Penulis: Rahmad Wiguna
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved