Citilink Terbang ke Malikussaleh

Maskapai milik pemerintah, Citilink mulai melayani rute penerbangan dari Bandara Malikussaleh Aceh Utara

Citilink Terbang ke Malikussaleh
SERAMBINEWS.COM/SAIFUL BAHRI
Kepala UPBU Rembele Yan Budianto (tengah), memantau penerbangan komersil perdana pesawat Citilink di Bandara Malikussaleh Aceh Utara, Sabtu (9/2/2019). 

LHOKSEUMAWE – Maskapai milik pemerintah, Citilink mulai melayani rute penerbangan dari Bandara Malikussaleh Aceh Utara ke Bandara Kualanamu Medan, Sumatera Utara ataupun sebaliknya.

Rencananya, penerbangan tersebut akan dilayani tiga hari dalam sepekan menggunakan pesawat jenis ATR 72-600 yang berkapasitas 72 tempat duduk semua kelas ekonomi. Maskapai dengan identik warna korporat yakni hijau dominan yang dipadukan dengan warna kuning dan putih akan terbang hari Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Menyusul terbangnya Citilink, maka penerbangan dari Bandara Malikussaleh ke Kualanamu ada setiap harinya. Karena, pada hari Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu dilayani oleh Maskapai Wings Air.

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Rembele, Yan Budianto didampingi KSPB Bandara Malikussaleh, Sunartopo kepada Serambi petang kemarin mengakui, bahwa maskapai Garuda sudah menghentikan penerbangan ke Bandara Malikussaleh sekitar sebulan lalu. Sehingga kini sudah digantikan dengan Citilink.

“Citilink sudah melakukan uji terbang ke Bandara Malikussaleh pada 31 Januari 2019 lalu. Selanjutnya, dilakukan berbagai pengurusan termasuk izin terbang. Pada Sabtu (9/2), Citilink resmi melakukan penerbangan komersil perdana,” ungkap Yan Budianto.

Sementara itu, jadwal penerbangan Citilink dari Bandara Kualanamu tiap Selasa, Kamis dan Sabtu pada pukul 12.40 WIB, sedangkan dari Malikussaleh pukul 14.05 WIB. Untuk Wings, pada hari Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu dari Kualanamu pukul 13.40 WIB, sedangkan dari Bandara Malikussaleh pukul 14.55 WIB.

Pada kesempatan itu, Yan Budianto mengungkapkan, bahwa sejak Bandara Malikussaleh dikelola Kementerian Perhubungan, maka pengelolannya di bawah UPBU Rembele sambil menunggu terbentuknya unit sendiri. “Untuk renovasi bandara sudah mulai dipersiapan baik jangka pendek maupun jangka panjang, terutama terkait infrastrukturnya,” demikian Kepala UPBU Rembele.

Anggota DPRK Lhokseumawe, M Hasbi menyebutkan, adanya penerbangan di Bandara Malikusalaeh bukan hanya memudahkan masyarakat Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara saja yang ingin menggunakan jasa pesawat terbang. Tapi juga masyarakat Bireuen, bahkan Pidie Jaya. Terutama masyarakat yang akan melakukan perjalanan ke Jakarta. “Terbang melalui Bandara Malikuusaleh akan mudah, tinggal transit di Kualanamu langsung terbang lagi ke Jakarta. Kalau dari Lhokseumawe via darat, sangat jauh kita menuju Kualanamu,” ujarnya.

Kehadir Citilink, tambah Hasbi, berarti sudah ada penerbangan tiap hari lagi dari Bandara Malikussaleh. Ini harus disambut baik. “Dengan kehadiran KEK Arun pastinya bandara menjadi satu fasilitas yang sangat mendukung. Intinya, kita harapkan agar jadwal penerbangan tiap hari di Bandara Malikusaaleh bisa dipertahankan terus,” demikian M Hasbi.(bah)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved