Seratusan Penderita Sumbing Dioperasi

Sebanyak 130 penderita bibir sumbing berhasil dioperasi secara gratis, sejak dilaksanakannya kerja sama antara Serambi Indonesia

Seratusan Penderita Sumbing Dioperasi
SERAMBI/RA KARAMULLAH
TIM dokter sedang melakukan operasi bibir sumbing terhadap salah satu pasien di RS Malahayati Banda Aceh, Minggu (10/2). 

* Kerja Sama Serambi dengan Smile Train Sejak 2015

BANDA ACEH - Sebanyak 130 penderita bibir sumbing berhasil dioperasi secara gratis, sejak dilaksanakannya kerja sama antara Serambi Indonesia dengan Smile Train pada 2015 lalu. Terakhir, dalam rangka HUT ke-30 Harian Serambi Indonesia, kembali dilakukan operasi bibir sumbing terhadap 37 pasien, yang berlangsung Minggu (3/2) dan Minggu (9/2), di Rumah Sakit Malahayati Banda Aceh.

Dalam operasi yang berlangsung dua tahap tersebut, ke-37 pasien itu berasal dari sejumlah kabupaten/kota di Aceh. Bahkan ada beberapa pasien yang berasal dari Sumatera Utara.

Koordinator Smile Train Aceh, Rahmad Maulizar kepada Serambi, kemarin menyampaikan, Smile Train sudah menjadi lembaga yang rutin melaksanakan operasi bibir sumbing gratis untuk anak Aceh.

Namun pada 2015 mereka bekerja sama dengan Serambi Indonesia dalam melaksanakan beberapa kali kegiatan operasi. Serambi ikut membantu publikasi dan mengajak masyarakat yang memiliki keluarga yang mengalami bibir sumbing agar didaftarkan operasi.

“Melalui kerja sama dengan Serambi, informasi operasi bibir sumbing secara gratis bisa disebar luas ke masyarakat, terutama yang berada di pedalaman. Sehingga jumlah pasien yang mendaftar semakin banyak, karena mereka mendapatkan informasinya,” ujar Rahmad.

Sementara Smile Train sendiri saat ini sudah melakukan operasi bibir sumbing untuk 2.500 pasien. Sebagian besarnya merupakan anak-anak dan balita. “Kita ingin membuat anak-anak Aceh yang terlahir dengan bibir sumbing dapat tersenyum seperti anak-anak lainnya, maka kami terus mengajak pasien dan melaksanakan operasi bibir sumbing,” ujar Rahmad.

Rahmad menambahkan, operasi bibir sumbing tersebut dipimpin oleh dr M Jailani SpBP RE-(K) dan dr Mirna Sari SpBP RE, dengan dibantu sejumlah ahli medis lainnya. Sementara Rahmad Maulizar selaku Koordinator Smile Train selama ini juga rutin berkeliling Aceh, guna mensosialisasikan operasi bibir sumbing tersebut.

Koordinator Smile Train Aceh, Rahmad Maulizar mengatakan, meskipun operasi bibir sumbing dalam rangka HUT Serambi Indonesia sudah berakhir. Namun pasien masih tetap bisa mendaftar.

Karena nanti pasien tersebut akan dioperasi pada saat kegiatan selanjutnya. Menurut Rahmad, selama ini Smile Train memang rutin dilaksanakan sepanjang tahun dan terbuka.

Ia menjelaskan, operasi bibir sumbing terbuka tersebut untuk umum dan bebas biaya. Pasien hanya diharuskan melengkapi sejumlah persyaratan administrasi. Bagi yang memiliki keluarga atau kenalan yang merupakan pasien sumbing dapat menghubungi Rahmad maulizar (081360395730) untuk segera dilakukan operasi.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved