AirAsia Terbang 21 Kali Seminggu

Maskapai penerbangan AirAsia sudah mengoperasikan penerbangan rute Kuala Lumpur- Banda Aceh

AirAsia Terbang 21 Kali Seminggu
FREEPIK.com/STOCKSNAP
Ilustrasi(FREEPIK.com/STOCKSNAP) 

BANDA ACEH - Maskapai penerbangan AirAsia sudah mengoperasikan penerbangan rute Kuala Lumpur- Banda Aceh sejak 2007 dan saat ini melayani penerbangan Kuala Lumpur- Banda Aceh dan sebaliknya sebanyak 21 kali dalam seminggu.

Informasi ini disampaikan Juru Bicara AirAsia dalam siaran persnya yang diterima Serambi, Senin (11/2), terkait pemberitaan di harian ini edisi Sabtu (9/2) yang menginformasikan bahwa AirAsia menambah frekuensi pada rute Banda Aceh-Kuala Lumpur maupun sebaliknya.

Dalam keterangan resmi tersebut disampaikan jadwal penerbangan internasional itu dilakukan setiap hari. Untuk rute Kuala Lumpur ke Banda Aceh jadwal keberangkatannya pukul 07.40 waktu Malaysia, tiba pukul 08.10 WIB. Selanjutnya pukul 10.15 waktu Malaysia, tiba pukul 10.40 WIB. Kemudian penerbangan pukul 14.10 waktu Malaysia, tiba pukul 14.40 WIB.

Sementara itu dari Banda Aceh ke Kuala Lumpur, pesawat berangkat pukul 08.35 WIB, tiba pukul 11.10 waktu Malaysia. Kemudian, berangkat pukul 11.10 WIB, tiba pukul 13.45 waktu Malaysia dan terbang pukul 15.05 WIB, tiba pukul 15.05 waktu Malaysia.

Serambi juga menanyakan ulang tentang penambahan rute penerbangan yang menjadi tiga kali sehari ini apakah karena meningkatnya jumlah penumpang yang lebih memilih terbang dari Banda Aceh ke Kuala Lumpur, kemudian melanjutkan penerbangannya lagi ke Jakarta, pascanaiknya harga tiket penerbangan domestik?

Menanggapi hal itu, pihak AirAsia menyampaikan penambahan frekuensi pada rute Banda Aceh-Kuala Lumpur merupakan bagian dari rencana pengembangan AirAsia sejak lama. Hal itu dilakukan untuk melayani pelanggan AirAsia yang ingin bepergian dari Aceh ke luar negeri dan sebaliknya.

Masih dalam siaran pers tersebut, juga disampaikan secara umum bahwa AirAsia tidak menyediakan layanan penerbangan dengan tujuan akhir dalam negeri melalui kota transit internasional. AirAsia saat ini menyediakan layanan penerbangan dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar (BTJ) dengan tujuan internasional ke Kuala Lumpur, dan tujuan lanjutan (fly-thru) ke Penang, Singapura, dan beberapa kota di Australia, Arab Saudi, India, dan Tiongkok.

Bagi penumpang dengan penerbangan lanjutan menggunakan layanan maskapai lain atau yang tidak tersedia di sistem AirAsia, diimbau agar mematuhi peraturan imigrasi dan bea cukai yang berlaku di Malaysia dikarenakan penumpang harus melalui pemeriksaan imigrasi dan bea cukai serta mengambil bagasinya di bandara KLIA2 sebelum melanjutkan penerbangannya.

Diingatkan juga bahwa risiko keterlambatan penumpang pada penerbangan lanjutan dengan rute di luar dari yang tersedia di sistem AirAsia, bukan menjadi tanggung jawab AirAsia. (una)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved