Ratusan Siswa Beradu Bakat

Ratusan siswa mulai tingkat SD/MI hingga SMA/MA dari seluruh Aceh, 12-16 Februari 2019

Ratusan Siswa Beradu Bakat
H. Usamah El-Madny, S.Ag, MM

* Di ajang Fitas VIII

BANDA ACEH - Ratusan siswa mulai tingkat SD/MI hingga SMA/MA dari seluruh Aceh, 12-16 Februari 2019 mengikuti acara ‘Menemukan Siswa Berbakat’ atau Finding The Talented Students (Fitas) VIII, di Kompleks Dayah Al-Falah Abu Lam U, Desa Lamjampok, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar.

Para siswa akan bersaing untuk menjadi yang terbaik pada 16 cabang yang diperlombakan. Kegiatan yang mengusung tema ‘Berpacu dalam Talenta untuk mewujudkan Generasi Muda Berprestasi’ tersebut dibuka Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, H Usamah El-Madny SAg MM, Selasa (12/2).

Usamah dalam sambutannya berpesan kepada santri yang mengikuti lomba tersebut agar tekun dan giat dalam mengikuti proses belajar di dayah. Ke depan, menurutnya, santri harus memiliki tekad dan keyakinan untuk dapat mengisi posisi-posisi strategis di pemerintahan. “Buktikan kalian (santri-red) mampu memiliki masa depan yang gemilang dan masa depan yang baik,” tegas Usamah menyemangati peserta kegiatan tersebut.

Dikatakan, kompetisi seperti FITAS merupakan suplemen-suplemen tambahan bagi santri dalam mengasah kemampuan diri. Usamah menambahkan, penentu kesuksesan setelah lulus dari dayah atau sekolah adalah kecerdasan secara emosional dan cerdas secara spiritual. “Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Dayah Aceh akan tetap hadir dalam membantu perkembangan dan kemajuan pendidikan dayah di Aceh. Sudah tugas kami untuk mensupport setiap kegiatan positif di dayah,” ujar Usamah yang juga mantan Sekretaris Kantor Regional (Kanreg) XIII Badan Kepegawaian Negara (BKN) Banda Aceh.

Ketua Panitia, Rifai Fahrial, dalam laporannya menyebutkan, Fitas kali ini diikuti 546 peserta dari 314 sekolah (SD/MI sampai SMA/MA) se-Aceh. Selama lima hari, sebutnya, siswa akan berlomba pada 16 cabang untuk memperebutkan 106 piala dan tiga juara umum untuk setiap kategori. “Acara ini terlaksana atas kerja sama yang baik antara Organiasi Pelajar Dayah Abu Lam U (Opdal), seluruh dewan guru, dan pimpinan Dayah Al-Falah Abu Lam U,” ungkap Rifai.

Pimpinan Dayah Al-Falah Abu Lam U, Tgk Saifuddin MAg, dalam sambutannya menyampaikan, dalam menempuh pendidikan atau menuntut ilmu di dayah, setiap santri harus mempunyai totalitas atau mengeluarkan seluruh kemampuannya. “Semua itu tentu untuk kebaikan santri sendiri dan kebaikan Aceh ke depan dalam melahirkan generasi-generasi yang unggul,” ujarnya.

Tgk Saifuddin mengibaratkan, Fitas adalah bentuk latihan kepada santri di kolam yang kecil untuk bisa berenang di kolam yang besar. Ditambahkan, santri akan terbiasa berkompetisi sehingga ketika menghadapi kompetisi yang sesungguhnya di luar dayah akan dapat mengikutinya dengan baik. “Generasi ke depan harus siap menghadapi era apapun dengan dasar ilmu agama yang baik,” pungkas Tgk Saifuddin.(jal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved