Suplai Semen Mulai Lancar

Setelah sempat tersendat, kini suplai semen ke toko-toko bangunan memasuki minggu ketiga bulan Februari 2019

Suplai Semen Mulai Lancar
SERAMBINEWS.COM/RIZWAN
Semen Andalas 

BANDA ACEH - Setelah sempat tersendat, kini suplai semen ke toko-toko bangunan memasuki minggu ketiga bulan Februari 2019 ini, sudah mulai normal. Tumpukan semen Andalas, semen Padang, dan beberapa produk semen laiannya seperti Garuda, Corn dan Holcim, sudah memenuhi toko bangunan dan gudang semen.

Pada awal Februari ini, semen Garuda, Corn dan Holcim sempat mengisi kelangkaan semen yang terjadi sejak tiga minggu lalu di Banda Aceh, Aceh Besar dan sejumlah daerah tingkat dua lainnya.

Miswar, pedagang toko bangunan di Pasar Ulee Kareng kepada Serambi Selasa (13/2) mengatakan, suplai semen mulai lancar sejak pekan kemarin. Pada hari Jumat (8/2), tokonya sudah mendapat suplai dari distributor semen Padang sebanyak 750 sak. Tapi dari distributor semen Andalas belum ada.

Sementara Edy, pedagang bangunan di Pasar Setui mengatakan, untuk mengisi kekuragan suplai semen Padang dan Andalas, dirinya telah memasok semen Garuda dari Jakarta sebanyak empat kontainer atau 2.400 sak. Stok pertama semen Garuda, ungkapnya, sudah habis terjual ke developer yang sedang bangun toko dan perumahan, dan panitia pembangunan masjid.

“Minggu ini akan masuk sebanyak 30 kontainer lagi, tapi dirinya hanya mengambil empat kontainer saja, sisanya didistribusikan ke luar Kota Banda Aceh, Aceh Besar oleh distributor semen Garuda.

Selain semen Garuda, kata Edy, semen produk lainnya juga sempat mengisi kekosongan semen di Aceh yang terjadi sejak akhir tahun 2018 sampai minggu kedua bulan Februari 2019 ini. Semen yang masuk, semen Corn dari Kalimantan, semen Holcim dan Garuda dari Jakarta. Dari ketiga merek tersebut, yang masih bertahan suplai semennya ke Aceh adalah Garuda.

Pihak semen Garuda menyatakan, siap mengirim produknya untuk mengisi kekosongan pasar semen di Aceh. Alasannya, karena di Aceh sudah ada dua perusahaan pelayaran pengiriman barang menggunakan kontainer di Aceh yaitu Temas dan Spail.

Kedua perusahaan ini memiliki ratusan kontainernya di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara dan Pelabuhan Malahayati di Krueng Raya, Aceh Besar. “Sehingga kapan saja toko bangunan dari Aceh butuh semen Garuda, kita siap mengirimnya melalui kedua perusahaan pelayaran tersebut,” ungkap Edy, mitra kerja semen Garuda.

Harga semen Garuda, kata Edy, cukup bersaing dengan semen Padang dan Andalas. Harga semen Garuda sampai Pelabuhan Krueng Raya Rp 46.000/sak (40 Kg). Dengan harga beli senilai itu, kita bisa jual ke pasar Rp 52.500/sak, lebih rendah dari harga semen Padang dan Andalas Rp 55.000-Rp 56.000/sak (40 Kg).

Sementara itu, Cominication and Event Spesialist PT Solusi Bangun Indonesia TBk, Faraby Azmi, kepada Serambi Selasa (13/2) mengatakan, suplai semen Andalas ke pasar memasuki minggu ketiga Februari, sudah lebih baik dari minggu-minggu sebelumnya.

Namun begitu, ia juga mengakui untuk mengisi kekosongan pasar semen Andalas selama empat minggu, butuh waktu beberapa minggu lagi. Sampai kini, kata Faraby, PT Solusi Bangun Indonesia TBk--nama baru PT Holcim Indonesia (PT Lafarge Semen Indonesia)--tidak menaikkan harga jual semennya kepada distributor. Kalau di lapangan terjadi kenaikan harga jual, itu kenaikan sepihak dan tidak menjadi tanggung jawab PT Solusi Bangun Indonesia TBk yang memproduksi semen Andalas.

Pihak manajemen PT Solusi Bangun Indonesia Tbk, kata Faraby Azmi, terus berupaya untuk memberikan yang terbaik bagi konsumen semen Andalas di seluruh Aceh, serta menormalkan kembali pengiriman semennya ke distributor guna mengisi kekosongan semen yang terjadi dalam tiga minggu lalu, akibat gangguan di power plant semen Andalas.

Gangguan itu, katanya, sudah diperbaiki dua pekan lalu, dan power plant sudah kembali beroperasi. Kita harapkan kekosongan semen yang pernah terjadi, bisa terisi kembali dan harga dan distribusi semen kepada konsumen semen andalas kembali normal.(her)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved